Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajari Strategi Ini Agar Negosiasi Bisnis Cepat Deal

Daftar Isi [Tampil]

 Pelajari Strategi Ini Agar Negosiasi Bisnis Cepat Deal




Negosiasi bisnis bukan lagi sekadar permainan menang atau kalah. Fokus utama dalam negosiasi bisnis adalah membangun hubungan yang saling menguntungkan antara pihak-pihak yang terlibat.


Tujuan utamanya adalah bahwa kedua belah pihak meraih apa yang mereka inginkan. Dalam kerja sama bisnis ini, tidak ada satu pihak pun yang merasa dirugikan.


Untuk mencapai tujuan ini, penting bagi kita untuk mengasah keterampilan negosiasi yang kita miliki. Terkadang, ketika membahas harga, tawaran pertama yang diajukan tidak selalu sesuai dengan harapan kita.


Namun, jika kita berkomitmen untuk melakukan negosiasi dengan tegas, ada potensi besar bagi kita untuk memperoleh keuntungan yang signifikan dalam transaksi bisnis.


Berikut ini merupakan rangkuman dari Master Class, yang menawarkan enam strategi negosiasi bisnis yang efektif untuk mencapai kesepakatan yang diinginkan.


Usahakanlah Untuk Mencapai Kesepakatan bersama



Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam negosiasi bisnis tidak ada pihak yang menang atau kalah. Oleh karena itu, penting untuk mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak, atau yang sering disebut sebagai solusi menang-menang.


Pertimbangkan apa yang kamu inginkan dan apa yang diinginkan oleh mitramu dalam negosiasi. Perhatikan juga aspek yang belum terpenuhi oleh kedua belah pihak.


Kemudian, ajukanlah kesepakatan yang memenuhi kebutuhan kedua belah pihak dan menghasilkan keuntungan bagi keduanya.


Dalam solusi ini, baik kamu maupun mitramu akan merasa mendapatkan keuntungan setelah kesepakatan tercapai.


Membuka Negosiasi dengan Pendekatan Tawaran Tinggi atau Sebaliknya


Dalam situasi sebagai penjual, ada strategi yang dapat kamu terapkan dengan memulai dengan tawaran harga yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari harga yang sebenarnya kamu harapkan. Pada tahap ini, harga akan ditawar turun melalui proses negosiasi.


Jika kamu memasukkan tawaran yang masuk akal dari awal, kemungkinan besar kamu akan tetap diminta untuk menurunkan harga tersebut. Oleh karena itu, lebih baik memulai dengan tawaran tertinggi terlebih dahulu.


Namun, jika bisnismu membutuhkan dukungan dari bisnis lain, maka dalam negosiasi kamu dapat mencoba untuk bernegosiasi dengan meminta penurunan harga.


Beri Tenggat Waktu



Dalam proses negosiasi, setelah kamu memberikan penawaran yang menurutmu masuk akal, penting untuk memberikan tenggat waktu kepada mitra negosiasimu untuk memberikan respon, baik itu menerima penawaranmu atau memberikan penawaran balasan versi mereka.


Tenggat waktu yang ditetapkan bukanlah sesuatu yang bersifat absolut atau harga mati. Mitramu mungkin membutuhkan waktu tambahan untuk mempertimbangkan penawaran tersebut atau merumuskan penawaran balasan yang lebih sesuai. Namun, dengan menetapkan tenggat waktu, kamu memberikan penegasan kepada mitramu bahwa kamu mengharapkan respon yang serius dan tidak ingin membuang-buang waktu.


Tetaplah fleksibel dalam menangani tenggat waktu ini. Jika mitramu membutuhkan waktu tambahan, cobalah untuk memahami dan menyesuaikan tenggat waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Komunikasikan dengan baik dan pastikan saling memahami kebutuhan dan keterbatasan waktu yang ada.


Dalam situasi di mana tenggat waktu telah berlalu tanpa ada tanggapan atau respon yang jelas dari mitramu, kamu dapat mengambil langkah-langkah tambahan, seperti mengirimkan pengingat atau menghubungi mitramu secara langsung untuk mengecek keadaan. Hal ini penting untuk menjaga momentum dan kelancaran proses negosiasi, serta menunjukkan komitmenmu terhadap kesepakatan yang sedang dibahas.


Posting Komentar untuk "Pelajari Strategi Ini Agar Negosiasi Bisnis Cepat Deal"