Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Etika Yang Perlu Diperhatikan Saat Meeting Online

Daftar Isi [Tampil]

 Etika Yang Perlu Diperhatikan Saat Meeting Online




Dalam situasi pandemi Corona yang mewajibkan pekerjaan dari rumah, mayoritas pertemuan bisnis diadakan secara virtual. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum menguasai adab dan etika dalam pertemuan online.


Maka dari itu, mengikuti etika yang seharusnya dilakukan dalam pertemuan virtual hampir sama pentingnya dengan pertemuan tatap muka biasa.


Namun, tantangan yang dihadapi dalam pertemuan online saat ini adalah bagaimana kita dapat menunjukkan kesopanan yang sama dengan saat berada di kantor, padahal berada di lingkungan yang lebih santai seperti di rumah.


Nah, untuk memastikan pertemuan onlinemu berjalan lancar dan profesional, penting bagi kamu untuk mengenal dan mengaplikasikan etika yang sesuai. Yuk, jangan lewatkan informasi lengkapnya di bawah ini!


Pakai Pakaian Rapi


Penampilan diri yang profesional saat menghadiri pertemuan online dengan tim atau atasan adalah penting. Oleh karena itu, pilihlah pakaian yang tepat dan membuatmu nyaman.


Tidak perlu khawatir, kamu dapat tetap tampil modis dengan mengenakan blouse atau atasan yang elegan, dipadukan dengan bawahan yang sesuai dengan selera kamu. Namun, pastikan tampilanmu tetap rapi dan bersih.


Tentu saja, setiap perusahaan memiliki budayanya masing-masing. Namun, minimal hindarilah mengenakan pakaian yang terlalu santai seperti baju olahraga atau bahkan memakai handuk di kepala setelah mandi. Ingatlah bahwa penampilanmu mencerminkan profesionalismemu di mata orang lain, terutama di lingkungan kerja.


Pilihlah Ruang yang Tepat untuk Meeting Online


Selain memperhatikan pakaian yang digunakan, terdapat hal lain dalam etika meeting online yang harus kamu perhatikan, yaitu latar belakang video yang akan ditampilkan.


Disarankan untuk mengikuti meeting dari ruang kerja atau sebuah sudut yang tenang di kamar kamu.


Sebaiknya hindari menggunakan kamar mandi atau ruang tengah yang sering diisi oleh anggota keluarga.


Tidak hanya kurang sopan dan tidak profesional, memilih ruangan yang kurang kondusif juga akan mengganggu fokus kamu pada acara meeting yang sedang berlangsung.


Tidak Makan Minum Sembarangan


Menjadi profesional dalam melakukan pertemuan online adalah hal yang penting untuk dilakukan. Namun, selain memastikan kamu mengenakan pakaian yang pantas dan lingkungan yang rapi, ada satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan: etika saat makan atau minum di depan kamera.


Jangan lakukan hal tersebut karena dapat mengganggu konsentrasi dan mengurangi fokus pada percakapan. Jika kamu ingin makan atau minum, sebaiknya kamu berpaling sedikit atau mematikan kamera dan audio sementara waktu. Dengan demikian, kamu dapat menjaga keprofesionalan dalam setiap pertemuan online yang kamu hadiri.


Namun, jika kamu terpaksa harus mengikuti pertemuan online saat jam makan siang, pastikan kamu meminta izin terlebih dahulu kepada peserta lain. Dengan memberi tahu mereka bahwa kamu akan makan sambil mengikuti pertemuan, kamu dapat memastikan bahwa tidak akan ada gangguan atau kebingungan selama percakapan.


Dalam hal apapun, pastikan kamu selalu memperhatikan etika saat menghadiri pertemuan online. Hal tersebut akan membantu menciptakan lingkungan yang nyaman, profesional, dan produktif bagi semua peserta.


Hening ketika tidak bicara.


Ah, etika rapat maya yang satu ini seringkali dilalaikan oleh banyak orang. Saat seseorang berbicara atau sedang mempresentasikan suatu hal, hendaknya pastikan mikrofon Anda dalam keadaan senyap.


Sebaliknya, jika tidak, kebisingan atau suara latar belakang yang Anda hasilkan bisa mengganggu partisipan rapat yang lain. Tidak hanya itu, membungkam diri saat tidak berbicara juga menunjukkan kesopanan dan rasa hormat Anda pada pembicara dan peserta rapat lainnya.














Posting Komentar untuk "Etika Yang Perlu Diperhatikan Saat Meeting Online"