Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-hal Yang Bikin Pengeluaran Bengkak Saat Ramadhan

Daftar Isi [Tampil]

Hal-hal Yang Bikin Pengeluaran Bengkak Saat Ramadhan




Bulan puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selama satu bulan, umat Muslim melakukan ibadah puasa sebagai bentuk pengorbanan dan peningkatan spiritualitas. 


Namun, terkadang puasa juga dapat menimbulkan beberapa tantangan finansial bagi sebagian orang. Ada beberapa hal yang dapat membuat kamu kere selama bulan puasa, seperti keinginan untuk berbuka puasa di restoran mahal, belanja tak terkontrol untuk persiapan lebaran dan yang lainnya.


Untuk penjabaran detail-detailnya simaklah uraian berikut ini ;


Banyak Menghadiri Bukber


Banyak menghadiri undangan berbuka puasa bersama dapat memperburuk keuangan seseorang karena hal ini dapat menimbulkan pengeluaran tambahan yang tidak terduga. Ketika seseorang menerima undangan berbuka puasa bersama, ia mungkin merasa perlu untuk membawa hadiah atau makanan sebagai tanda terima kasih kepada tuan rumah. 


Selain itu, jika undangan tersebut berlangsung di luar rumah, maka biaya transportasi atau parkir juga harus diperhitungkan. Selain itu, dalam acara tersebut biasanya disajikan makanan dan minuman yang melimpah, yang dapat memicu keinginan untuk makan lebih banyak dan mengeluarkan uang lebih banyak pula.


Dalam jangka panjang, kebiasaan menghadiri banyak undangan berbuka puasa bersama ini dapat berdampak negatif pada keuangan seseorang dan mengganggu stabilitas keuangan mereka. 


Gampang Tergoda Membeli Jajanan 


Saat menjelang waktu buka puasa, memang banyak godaan yang menggoda kita untuk mencari makanan. Hal ini terutama terjadi pada saat menjelang waktu berbuka, di mana rasa lapar menjadi semakin tak terkendali. Bahkan, tanpa sadar kita seringkali membeli terlalu banyak makanan, karena merasa khawatir tidak akan puas dengan porsi yang sedikit.


Namun, perlu diingat bahwa saat berbuka puasa, tubuh kita tidak akan bisa menampung banyak makanan sekaligus. Mengonsumsi terlalu banyak makanan pada saat berbuka puasa dapat menyebabkan perut kembung, mual, dan bahkan diare.  


kebiasaan boros pada saat menjalani puasa juga perlu dihindari. Kita perlu mengatur pengeluaran agar tidak menghabiskan uang yang seharusnya bisa digunakan untuk hal yang lebih penting. Kita juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar, karena seringkali ada banyak penjual makanan yang menawarkan harga yang lebih mahal dari harga normal pada saat menjelang berbuka puasa.


Terlalu Sering Scroll E-commerce


Terlalu sering membuka e-commerce selama bulan Ramadhan bisa membuat kita tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Kita dapat dengan mudah terjebak dalam promosi dan diskon yang ditawarkan oleh situs e-commerce, yang pada akhirnya akan membuat kita boros. Selain itu, penggunaan e-commerce juga dapat membuat kita lupa akan tujuan utama bulan Ramadhan, yaitu meningkatkan ibadah dan kebaikan.


Untuk menghindari kecanduan membuka e-commerce selama bulan Ramadhan, kita dapat mengatur jadwal dan batasan waktu untuk menggunakan teknologi. kita juga harus selalu mengingatkan diri sendiri bahwa bulan Ramadhan adalah waktu untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan ketaqwaan kepada Allah, bukan untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. 






















Posting Komentar untuk "Hal-hal Yang Bikin Pengeluaran Bengkak Saat Ramadhan"