Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Usaha Hamster Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Memulai Usaha Hamster Untuk Pemula




Anda punya minat untuk mengembangkan usaha hamster ? Eits, jangan salah hewan mungil ini bisa dijadikan lahan bisnis dengan potensi penghasilan hingga jutaan rupiah lho. 


Agar sukses memulai bisnis ternak hamster, kita perlu untuk memahami kiat-kiatnya. Ilmu yang cukup akan membuat kita lebih cepat mendatangkan untung dan meminimalisir kerugian.


Jangan khawatir ternak hamster, karena hewan ini bisa dimulai dengan modal terjangkau, mudah pemeliharaannya dan permintaannya stabil.


Berikut ini adalah Tips Memulai Usaha Hamster Untuk Pemula:


Memilih Jenis Hamster


Sebelum beternak hewan hamster, anda perlu memilih jenis hamster terlebih dahulu. Bagi yang belum punya pengalaman, sebaiknya memilih jenis hamster yang gampang dirawat, gampang di ternak dan banyak penghobi-nya. Contohnya memiliki hamster jenis Syrian, karena memiliki ukuran tubuh besar dan gampang mencari makanannya. 


Ada hamster jenis winter white yang memiliki perilaku lebih tenang dan punya variasi warna beragam. bila tertarik memilih hamster yang gampang berkembang biak silahkan pilih jenis Campbell dan Roborovki.


Pilih satu jenis dulu, agar lebih gampang dalam beternak.


Tips Memilih Indukan Hamster


Bila ingin berternak hamster, wajib sekiranya untuk memiliki indukan siap kawin. Anda bisa mendapatkannya dari peternak hamster. Pilihlah minimal sepasang jantan dan betina dengan usia minimal 4 Minggu.


Untuk mengetahui kelamin hamster, anda perlu membalik badannya dan lihat bagian bawahnya. Hamster jantan anus dan penis agak berhenti dengan jarak 1 - 2 cm. Sementara Hamster betina memiliki anus dan vagina dengan jarak berdekatan.


Mempersiapkan Kandang


Setelah mendapat indukan, langkah selanjutnya dalam beternak hamster adalah mempersiapkan Kandang. Pilihlah kandang yang aman dan nyaman dengan minimal ukuran 30 × 30 × 30 centimeter, untuk ditempati 4 - 6 Hamster. Anda bisa menggunakan aquarium, ember, atau wadah bekas eskrim. Sejatinya hamster tidak memerlukan kandang luas untuk hidup.


Pastikan untuk memberi alas kandang dalam bentuk serbuk kayu atau pasir zeolit sebagai tempat mandi hamster. Alas hamster bisa diganti per 2 Minggu sekali. Jangan taruh hamster pada kandang terbuka karena berisiko di makan oleh hewan predator.


Beri Pakan Yang Cukup


Selain menyiapkan kandang, peternak hamster perlu untuk memberi pakan yang cukup untuk hamster. pemberian pakan sangat penting agar hamster lebih cepat berkembang dan berumur panjang. Namun tenang saja, pakan hamster mudah didapatkan. Anda bisa menyediakan biji bunga matahari, biji kenari, beras, daun sawi, brokoli. Untuk ekstrak fooding-nya bisa berupa ulat Hongkong.


Hamster cukup diberi makan 2 kali sehari, antara pagi dan sore. Untuk minumnya bisa berupa air putih/ air gula. Umumnya hamster akan memakan apa yang diberikan oleh majikannya.


Tips Mengawinkan Hamster


Baik hamster jantan maupun betina bisa dikawinkan pada saat usia 1 bulan. Saat dikawinkan, dalam 1 kandang baiknya di isi sepasang hamster saja, untuk menghindari perkelahian. Karena ada beberapa jenis hamster yang sifatnya soliter, tidak suka dicampur dengan banyak hamster.


Proses perkawinan hamster akan terjadi antara 1 - 2 Minggu. Anda bisa memberikan sekat terlebih dahulu agar pasangan hamster tidak berkelahi dalam fase perkawinan. 


Hamster bisa melahirkan antara 5 - 8 Anak dalam 1 fase perkawinan 


Posting Komentar untuk "Tips Memulai Usaha Hamster Untuk Pemula"