Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda Bahwa Bisnis Yang Anda Jalankan Tidak Sehat

Daftar Isi [Tampil]

 Tanda Bahwa Bisnis Yang Anda Jalankan Tidak Sehat



Membangun bisnis tidaklah instan, ada banyak kesulitan dan tantangan yang harus ditaklukkan. Membangun bisnis bukan hanya memikirkan tentang cara mendapat untung hari ini saja, tapi juga berpikir tentang caranya membuat inovasi baru yang berguna untuk masyarakat. Tentunya membuat bisnis bertahan dalam jangka panjang memang perlu pengorbanan.


Ada saja persoalan bisnis yang bisa menerpa kapan saja tanpa terprediksi. Bahkan bisa membuat bisnis tidak sehat. Anda perlu untuk tahu bagaimana ciri bisnis sudah tidak sehat, dalam artikel berikut ini:


Mendapat Banyak Kritik Dari Pelanggan


Kritik dari konsumen adalah hal yang seharusnya harus dihindari karena mempengaruhi reputasi bisnis. Bisnis yang baik seharusnya mampu memberi kepuasan pada pelanggannya. Karena tanpa adanya pelanggan, bisnis tidak akan bisa berjalan.


Suatu tanda yang menandakan bisnis sudah tidak sehat adalah mendapatkan banyak kritik dari pelanggan. Banyak kritik menandakan buruknya kualitas layanan yang diberikan atau ada yang salah dengan operasional bisnis.


Sebagai pelaku bisnis anda harus tanggap dengan hal ini dengan meminta maaf dan memberikan kompensasi pada pelanggan yang dirugikan.


Performa Karyawan Menurun


Karyawan sangatlah menentukan jalannya perusahaan, bila performa karyawan buruk, hasil produk yang dikeluarkan perusahaan akan dibawah standar. Dibutuhkan sinkronisasi antara perusahaan dan karyawan agar bisnis berjalan baik.


Anda bisa memantau kinerja karyawan dari kesehariannya. Anda bisa menilainya dari aspek produk yang mereka hasilkan, bagaimana pelayanan mereka kepada konsumen, tingkat kehadiran mereka dan yang lainnya. Ketahui sebab kenapa karyawan memiliki performa buruk, mungkin saja karena faktor gaji atau sistem dalam perusahaan yang keliru.



Sepinya permintaan pelanggan


Tentunya sebagai pengusaha, anda ingin pelanggan terus bertransaksi dengan produk anda. Tidak hanya beli sekali namun di lain waktu tidak beli lagi. Pelanggan yang berlangganan menandakan konsumen puas dengan produk anda. Mereka suka dengan kualitas produk, pelayanan atau promo yang perusahaan anda berikan.


Perlu dilakukan survey kecil-kecilan untuk mendapatkan data tentang seberapa banyak persentase pelanggan yang datang kembali. Dan carilah cara untuk membuat pelanggan lebih loyal.


Perusahaan cenderung merugi


Bila perusahaan memiliki raport merah tidak mendapatkan keuntungan dalam waktu lama, ini menandakan ada yang salah dengan perusahaan tersebut. Bisa saja penurunannya secara perlahan-lahan, namun semakin hari semakin besar, sehingga perusahaan terancam bangkrut.


Faktor kenapa perusahaan bisa merugi, bisa saja karena faktor persaingan yang ketat, sehingga konsumen cenderung memilih opsi produk yang terbaik. Faktor internal seperti menurunnya kualitas produk juga bisa membuat konsumen memilih produk lain.


Tidak bisa beradaptasi dengan zaman


Faktor terakhir yang menandakan bisnis dalam keadaan tidak sehat adalah tidak bisa beradaptasi dengan zaman. Inovasi dan adaptasi adalah hal yang penting dilakukan oleh perusahaan agar tetap bisa bersaing dalam persaingan ketat. Jika perusahaan masih kekeh mempertahankan cara yang lama, bisa membuat pelanggan kabur.


Posting Komentar untuk "Tanda Bahwa Bisnis Yang Anda Jalankan Tidak Sehat"