Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertimbangan-Pertimbangan Sebelum Mengambil Cicilan

Daftar Isi [Tampil]

Pertimbangan-Pertimbangan Sebelum Mengambil Cicilan




Dalam menjalani tantangan hidup, adakalanya kita memiliki kebutuhan dengan biaya yang besar. Namun tidak semua orang memiliki kekuatan finansial yang kuat. Jumlah tabungan yang sedikit memerlukan solusi untuk pemecahannya. Salah satunya dengan mengambil cicilan.


Cicilan memberikan kelonggaran dari segi pembayaran yang bisa dilakukan dengan sistem angsuran.


Namun sebelum memutuskan untuk mengambil program cicilan, perlu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:


Tujuan Cicilan


Kita perlu memastikan tujuan sebelum mengambil cicilan. Secara umum tujuan Cicilan terbagi jadi 2 yaitu cicilan produktif dan konsumtif. Cicilan produktif digunakan untuk menambah penghasilan. Misalnya kita mencicil mesin penetas telur untuk meningkatkan produktivitas ternak ayam. Hal ini berbeda dengan cicilan konsumtif  yang digunakan untuk keperluan konsumsi saja.


Dengan tujuan, kita bisa melihat tingkat seberapa urgensi kita perlu melakukan cicilan. Apakah untuk tujuan terdesak ? Atau perlu dilakukan secepat mungkin. Hal ini bisa dipecahkan bila kita memiliki tujuan.


Ketahuilah Jenis-jenis Cicilan


Ada 2 Jenis cicilan yaitu kredit agunan ( ada jaminan ) dan cicilan tanpa agunan ( tidak ada jaminan. Dari sini sudah jelas bahwa keduanya memiliki sistem yang berbeda.


Bila kita memilih opsi kredit agunan, maka kita perlu menyiapkan asset bernilai jual sebagai jaminan, Asset tersebut juga harus memiliki nilai yang lebih banyak daripada jumlah cicilan. Hal ini dilakukan agar tercipta saling percaya antara penyedia cicilan dan penerima cicilan.


Ada juga cicilan non agunan yang tidak membebankan jaminan apapun namun jangka waktu Pembayarannya lebih pendek.


Pemberi Pinjaman


Saat ini proses untuk pencairan cicilan tidak sulit, terlebih dengan menjamurnya aplikasi pinjaman online. Kita dapat menemukannya dengan gampang melalui gadget. Meskipun seperti itu, kita harus tetap berhati-hati dengan pinjaman online.


Perlu diketahui bahwa pinjol yang sudah dilisensi OJK tidak akan meminta akses kontak pribadi. Namun berbeda halnya dengan pinjol ilegal yang meminta data tersebut untuk keperluan penagihan cicilan. Pinjol Ilegal juga tak segan mengirimkan pesan intimidatif apabila, penerima cicilan tak kunjung membayar.


Biaya Muka


Saat mencicil mobil, motor atau rumah, kita perlu menyediakan uang muka. Uang ini harus dimuka, baru mencicil biaya berikutnya. Uang muka berkisar antara 15 - 50 dari banyak harga aset yang ingin dibeli.


Hal positifnya adalah apabila uang muka yang diberikan lebih besar, maka jumlah cicilan yang harus dibayar berikutnya akan lebih kecil. Bunga yang dibebankan juga lebih kecil. Alhasil kita lebih cepat dalam melunasinya.





Posting Komentar untuk "Pertimbangan-Pertimbangan Sebelum Mengambil Cicilan"