Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Aplikasi Iventory Barang Untuk Usaha E-commerce

Daftar Isi [Tampil]

 Manfaat Aplikasi Iventory Barang Untuk Usaha E-commerce




E-commerce adalah wadah bisnis yang sedang digandrungi masyarakat Indonesia. Eksistensinya menanjak setelah pandemi covid 19 merebak. Dimana masyarakat sangat dibatasi dalam bertransaksi ekonomi secara langsung, sehingga membutuhkan inovasi jual-beli jarak jauh ( online ) untuk menjawab kebutuhan tersebut.


E-commerce mampu membuat bisnis lebih menjangkau banyak kalangan. Pebisnis juga lebih gampang dalam menemukan segmentasi pasar yang sesuai incaran mereka.


Dalam menjalankan bisnis di e-commerce, dibutuhkan namanya aplikasi Iventory barang. Baik bisnis dalam skala kecil, menengah hingga besar.


Mau tahu manfaat Aplikasi Iventory barang untuk E-commerce ? Simak uraian berikut ini:


Bisnis berjalan lebih Efisien


Jumlah stok barang adalah hal yang perlu diperhatikan saat mengelola bisnis di E-commerce. Karena hal tersebut adalah hal sering di tanyakan konsumen saat membeli produk. Bila kondisi stoknya kosong, hal ini bisa memicu kekecewaan pelanggan dan akhirnya mereka tidak mau bertransaksi lagi pada toko anda.


Mengontrol jumlah stok barang, akan lebih mudah bila menggunakan Aplikasi inventory. Berbagai kemudahan dalam merekap ketersediaan barang dan mengidentifikasi barang yang stock-nya habis bisa dilakukan.


Saat pembeli mencari barang yang sedang dijual, dengan aplikasi inventory anda bisa memantau berapa jumlahnya. Dan bersiap menambah stok lagi apabila Jumlahnya mulai sedikit. Dengan demikian jalannya Bisnis lebih efisien.


Meminimalisir kesalahan dalam mencatat jumlah stok barang.


Zaman dulu, pebisnis melakukan pencatatan jumlah stok barang secara manual, dengan bermodalkan buku dan pulpen. Kesalahan pencatatan sangat terjadi dengan cara ini. Dampaknya bisa sangat merugikan termasuk dalam bisnis e-commerce.


Adanya kekeliruan dalam meng-update jumlah barang, bisa membuat miss-konsepsi bagi konsumen. Konsumen bisa membeli banyak stock, padahal aslinya stock barang tinggal sedikit. 

Pelanggan akan kecewa karena merasa sudah dibohongi oleh penjual barang. 


Dengan memakai aplikasi investory, seluruh pencatatan jumlah barang akan tersimpan secara digital.


Mengoptimalkan penjualan produk


Langkah untuk tetap kompetitif di era persaingan bisnis yang ketat adalah memanajemen jumlah stock barang. Konsumen yang berbelanja di E-commerce cenderung menyukai barang yang sudah ready daripada barang pre-order. Perusahaan yang bisa menjaga jumlah barang, akan memiliki peluang besar untuk meningkatkan penjualan.


Kehadiran aplikasi inventory barang jelas membantu untuk memantau ketersediaan barang. Sehingga ketika konsumen ingin membelinya, barang tersebut sudah ready untuk di kirimkan.


Konsumen jelas akan memberikan testimonial / reputasi bagus untuk perusahaan yang stock-nya barangnya selalu terjaga.


Sistem Terintegrasi


Kebanyakan inventory aplikasi sudah terintegrasi sistemnya. Misalnya integrasi dengan aplikasi akuntansi. Ini memungkinkan saat pencatatan stock barang, aplikasi akuntansi akan mencatat otomatis dan menjumlah jumlah total barang .


Integrasi antara aplikasi inventory barang dan aplikasi akuntansi akan memudahkan saat membuat laporan laba-rugi, laporan keuangan dan mengidentifikasi tingkat penjualan barang.






Posting Komentar untuk "Manfaat Aplikasi Iventory Barang Untuk Usaha E-commerce"