Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Uang Kuno Berharga Tinggi Banyak Diburu Kolektor

Daftar Isi [Tampil]

 Kumpulan Uang Kuno Berharga Tinggi Banyak Diburu Kolektor




Koleksi uang kuno memang menjadi salah satu hobi yang menarik. Bagi sebagian orang, uang kuno bukan hanya sekadar benda koleksi, tapi juga sebagai bentuk pengenalan sejarah dan budaya suatu negara. Tidak heran, jika saat ini banyak kolektor yang mencari jenis-jenis uang kuno yang paling dicari dan langka.


Meski terkesan kuno dan sudah tidak berlaku lagi, namun nilai dari setiap jenis uang koin kuno tersebut tetap tinggi. Bagi yang memiliki koleksi uang koin kuno, pastikan untuk tidak membuangnya, sebab siapa tahu salah satu jenis uang koin kuno yang kamu miliki sangat langka dan dicari oleh para kolektor.


Berikut ini adalah kumpulan uang kuno Berharga tinggi banyak diburu kolektor ;


Flowing Hair Silver Dollar


Flowing Hair Silver Dollar merupakan salah satu koin kuno Amerika yang paling langka dan dicari oleh para kolektor. Koin kuno ini dirancang oleh Robert Scot, seorang seniman dari Skotlandia yang bekerja untuk pemerintah Federal Amerika Serikat pada awal abad ke-19.


Flowing Hair Silver Dollar memiliki gambar seorang wanita dengan rambut tergerai dan seutas tali yang diikat di kepalanya di sisi depan koin, sedangkan di sisi belakangnya terdapat gambar burung elang yang sedang melayang di atas benda berbentuk seperti kilauan matahari. Atas keunikannya, koin kuno dihargai hingga 150 Milyar rupiah lho.


Double Eagle


Double Eagle adalah salah satu uang koin emas paling bersejarah di Amerika Serikat. Uang koin ini pertama kali dicetak pada tahun 1933 dengan gambar kepala Liberty di salah satu sisi dan gambar elang di sisi lainnya.


Double Eagle terbuat dari emas 21 karat dan memiliki ukuran sekitar 34 x 2 mm dengan nilai denominasi sebesar US$ 20 pada waktu itu.Meskipun awalnya dirilis untuk digunakan dalam perdagangan, Double Eagle sekarang menjadi koleksi berharga bagi para kolektor uang koin.


Untuk harganya mencapai angka US$7,4 juta atau sekitar Rp110 miliar.


Saint-Gaudens Double Eagle


Koin ini dinamai sesuai dengan nama desainernya, Augustus Saint-Gaudens. Desain koin yang rumit dan berdetail membuatnya dianggap sebagai salah satu karya seni paling indah dalam sejarah koin Amerika Serikat.


Dengan berat sebesar 33,4 gram dan diameter 34 mm, koin ini menjadi sangat populer di kalangan kolektor karena keindahan desainnya. Saat ini, harga dari Saint-Gaudens Double Eagle bisa mencapai jutaan dolar karena keunikan dan keindahannya yang sulit ditemukan pada koin emas lainnya.


Brasher Doubloon


Koin tembaga pertama yang menjadi incaran para kolektor adalah koin Brasher Doubloon. Koin ini dibuat dari bahan tembaga dan diproduksi pada tahun 1787 oleh pengrajin koin ternama pada masanya, Ephraim Brasher. Brasher Doubloon memiliki nilai denominasi delapan Escudo atau setara dengan sekitar 16 dolar Spanyol pada saat itu.


Meski koin ini sudah teramat jarang ditemukan, namun ada beberapa kolektor yang berhasil mendapatkannya dan menjadikannya sebagai salah satu harta karun terbesar dalam koleksi koin mereka.




Posting Komentar untuk "Kumpulan Uang Kuno Berharga Tinggi Banyak Diburu Kolektor"