Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali 5 Karakteristik Perusahaan Jasa, Sebelum Terjun Mendirikannya

Daftar Isi [Tampil]

Kenali 5 Karakteristik Perusahaan Jasa, Sebelum Terjun Mendirikannya




Perusahaan jasa adalah jenis perusahaan yang berbeda dari perusahaan dagang karena produknya tidak bisa dilihat dan disentuh, namun dirasakan manfaatnya setelah digunakan. Sebagai bisnis atau usaha yang menyediakan produk berupa layanan atau jasa untuk mendapatkan keuntungan, perusahaan jasa memiliki karakteristik-karakteristik tertentu yang membedakannya dari perusahaan dagang.


Berikut ini adalah empat karakteristik perusahaan jasa yang perlu dipahami, antara lain:


Produk Tidak Berwujud


Produk yang dihasilkan oleh perusahaan jasa tidak berwujud seperti halnya produk yang dihasilkan oleh perusahaan dagang. Hal ini dikarenakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan jasa adalah layanan atau jasa yang tidak berbentuk fisik, sehingga konsumen tidak dapat memegang atau melihat produk tersebut.


Sebagai contoh, perusahaan jasa konsultasi seperti kantor akuntan publik menyediakan jasa konsultasi keuangan untuk kliennya. Klien akan merasakan manfaat produknya setelah menerima jasa konsultasi dari perusahaan tersebut, namun produknya sendiri tidak berwujud.



Jenis Layanan Bervariasi dan Heterogen


Setiap klien yang menggunakan jasa dari perusahaan jasa akan mendapatkan pelayanan yang berbeda-beda, karena setiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda. Perusahaan jasa harus mampu memodifikasi jasa yang ditawarkan sesuai dengan keluhan dan keinginan konsumen agar mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.


Hal ini membuat setiap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan jasa bersifat eksklusif, karena disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing konsumen. Dalam hal ini, perusahaan jasa harus dapat memenuhi ekspektasi dan kebutuhan konsumen untuk mempertahankan kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap perusahaan.


Harga Pelayanan Yang Berbeda


Harga jasa yang ditawarkan oleh perusahaan jasa biasanya disesuaikan dengan jenis layanan yang diberikan serta kebutuhan dari konsumen. Biasanya, perusahaan jasa akan memberikan penawaran harga yang bersifat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget konsumen.


Namun, tetap perlu diperhatikan bahwa harga yang murah tidak selalu berarti kualitas pelayanan yang baik. Sebaliknya, harga yang tinggi tidak selalu menjamin kualitas pelayanan yang baik pula.


Keterlibatan Konsumen


Konsumen perusahaan jasa memang bisa terlibat dalam proses produksi karena produknya berupa jasa atau layanan yang diberikan secara langsung kepada konsumen. Sebagai contoh, ketika seseorang mengunjungi salon kecantikan, konsumen terlibat dalam proses layanan yang diberikan, seperti memilih jenis perawatan yang diinginkan dan memberikan feedback setelah perawatan selesai.


Hal ini menjadikan interaksi antara perusahaan jasa dan konsumen menjadi lebih personal dan penting dalam membangun hubungan jangka panjang antara keduanya.


Distribusi Layanan


Distribusi produk perusahaan jasa biasanya dilakukan secara langsung kepada konsumen, melalui pemberian layanan atau jasa di tempat yang telah ditentukan. Karena produk perusahaan jasa tidak berwujud, maka cara distribusinya juga berbeda dengan produk yang dapat dilihat dan disentuh. 


Perusahaan jasa biasanya melakukan distribusi langsung kepada konsumen melalui pemberian layanan atau jasa di tempat yang telah ditentukan, seperti kantor akuntan publik yang memberikan layanan konsultasi langsung kepada klien.



Posting Komentar untuk "Kenali 5 Karakteristik Perusahaan Jasa, Sebelum Terjun Mendirikannya"