Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 STRATEGI PEMASARAN YANG DILAKUKAN PENGUSAHA SUKSES

Daftar Isi [Tampil]

 

5 STRATEGI PEMASARAN YANG DILAKUKAN PENGUSAHA SUKSES

Hal yang terpenting dalam usaha adalah barang yang diperdagangkan terjual ke konsumen. Namun tentu saja untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah dan diperlukan pengetahuan serta pengalaman yang cukup agar bisnis yang ditekuni sukses. Berikut ini merupakan lima strategi pemasaran yang dilakukan pengusaha sukses.

1. Lokasi, lokasi, lokasi dan lokasi

Dalam bisnis hal yang terpenting merupakan lokasi dimana pemasaran dari produk dilakukan. Poin ini bukan berarti harus mempunyai properti pada tempat yang strategis, namun lebih ditekankan pada pelayanan dengan pendekatan ke konsumen.

Mengapa faktor ini menjadi terpenting yaitu karena konsumen saat ini lebih pintar dalam melakukan transaksi dan tidak berpatokan mutlak pada harga yang murah, namun faktor waktu, kenyamanan serta gengsi telah menjadi fenomena baru. Namun memang, faktor harga yang murah masih sebagai penentu pasar yang mayoritas.

Dalam kerangka bisnis digital, lokasi ini sudah berubah menjadi ruang virtual dengan konsep yang sangat berbeda. Kita harus mampu membangun toko digital yang mudah ditemukan di pasar online, mudah ditemukan di pencarian map digital, serta punya otoritas domain yang kuat untuk website utamanya. Lebih lanjut tentang bahasan ini anda bisa membaca ulasan kami mengenai SEO dan Blogging.

2. Harga terjangkau

Saya gunakan kata-kata "terjangkau" bukan "murah" karena setiap pemasaran yang dilakukan sebaiknya disesuaikan dengan kelas ekonomi masyarakat. Jika ekonomi masyarakat mayoritasnya adalah kelas bawah maka produk yang ditawarkan tentu saja dengan harga rendah, walaupun margin keuntungan sangat kecil namun faktor pengalinya paling besar sebab masyarakat dimana pun yang terbanyak adalah kalangan ekonomi rendah.

Begitu pula sebaliknya, jika lingkungannya merupakan masyarakat ekonomi menengah ke atas, faktor kualitas lebih di utamakan di bandingkan harga produk.

3. Mampu menjaga kualitas

Faktor ini diperlukan pengalaman bisnis yang matang, karena banyak faktor yang mempengaruhi kualitas produk yang dijual. Mulai dari bahan baku hingga faktor efisiensi menentukan kualitas barang yang ditawarkan.

Maka terkadang untuk menjaga kualitas, pengusaha harus mengorbankan keuntungannya untuk menutupi penambahan biaya yang terjadi dalam jangka waktu tertentu, namun secara pendapatan per tahun harus tetap menguntungkan, jika diperkirakan merugi, sebaiknya naikkan harga produk dengan bijak agar konsumen tidak lari.

4. Mengutamakan kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan sangat menentukan kelangsungan usaha yang dijalani. Terutama bisnis dalam bidang jasa, faktor ini merupakan hal utama yang dilakukan. Yang terkadang tidak belum di mengerti oleh pelaku usaha yaitu "pelanggan merupakan media iklan yang sangat efektif".

Tidak sedikit kesuksesan diraih karena jasa dari pelanggan yang menginformasikan secara sukarela ke orang lain, misalnya Google yang merajai di dunia maya tanpa melakukan iklan secara besar-besaran namun cukup memberikan kepuasan ke pelanggan yang memakai fasilitas pada produk google.

5. Inovatif

Agar barang yang ditawarkan laku, saat ini inovasi penyajian produk sudah menjadi hal wajib. Dengan dinamisnya cara penyajian produk maka konsumen seolah-olah ditawarkan hal yang baru walaupun sebenarnya produknya sama.

Memang untuk menjalankan lima hal tersebut, faktor finansial tetap diperlukan. Namun tidak mutlak! karena strategi pemasaran dengan modal dengkul pun tetap bisa menjual produk.

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id)

Posting Komentar untuk "5 STRATEGI PEMASARAN YANG DILAKUKAN PENGUSAHA SUKSES"