Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Trend Digitalisasi HR Agar Bisnis Pesat 2023

Daftar Isi [Tampil]

 Kenali Trend Digitalisasi HR Agar Bisnis Pesat 2023




Banyak perusahaan di Indonesia mencanangkan target pada tahun 2023 untuk mempercepat akselerasi bisnis, setelah dalam 3 tahun terakhir laju bisnis tersendat akibat pandemi 2023. Target ini juga ikut berdampak pada trend digitalisasi yang melaju pesat. Banyak teknologi akan diaplikasikan untuk mempermudah operasional usaha.


Menurut Chef Officer Mekari, Aviandri Hidayat dengan kelakuan Digitalisasi HR akan membuat perusahaan memiliki kapabilitas dalam menyusun manpower planning, sdm planning  dan meningkatkan performa kerja secara keseluruhan.


Untuk lebih detail mengenali Trend Digitalisasi HR tahun 2023, simak uraian berikut ini :


Sistem HR Mendukung Plan Transformasi Digital


Menurut Aviandri Hidayat, Digitalisasi HR memungkinkan sistem dan proses pada sektor HR akan berjalan kompak dengan sistem - sistem yang ada di bidang lain.


Banyak perusahaan besar sudah meningkatkan teknologi yang mereka miliki. Seperti pengaplikasian data analytic dan Artificial Intelligence dalam operasional perusahaan. Adanya teknologi canggih akan meningkatkan akurasi planning dari HR, penerapan tata kelola tenaga kerja juga ikut mengalami kemajuan.


Trend - Trend Digitalisasi HR Yang Bisa Di aplikasikan Perusahaan

Ini adalah trend - trend digitalisasi HR yang bisa dipakai perusahaan sebagai pertimbangan membuat strategi  transformasi digital :



Data Analytic Dipakai Untuk Memperkuat Insight HR


Perlu diketahui sistem digitalisasi HR memiliki kemampuan mumpuni untuk menerima banyak input data, seperti data informasi Karyawan dan data kehadiran karyawan, semua bisa dihandle oleh teknologi baru ini. Data Analytic akan diproses lagi oleh HR, untuk memperoleh insight secara detail yang bisa bermanfaat untuk perusahaan.


Rekrutmen karyawan dengan Manpower planning


Indonesia menjadi salah negara yang terancam efektif Resesi, perusahaan lebih waspada untuk mengambil keputusan, perusahaan harus bisa menyeimbangkan antara kebutuhan tenaga kerja dan kekuatan finansial yang tersedia. Dengan adanya Manpower planning, ini akan mempermudah HR untuk merekrut pelamar kerja terbaik.



Meningkatkan Budaya Kerja Karyawan


HR mampu membuat iklim budaya kerja suportif  hingga menyalurkan manfaat via perangkat teknologi untuk meningkatkan apresiasi dan terjalinnya hubungan erat antara perusahaan dan karyawan-nya.



Agilitas bisnis semakin tajam karena mekanisme kerja fleksibel


Adanya pandemi memicu kesadaran baru bagi perusahaan, ternyata mekanisme kerja yang fleksibel ternyata berperan mempercepat penyesuaian perusahaan pada agilitas bisnis.


Tingkat Disiplin Karyawan Meningkat


Inovasi teknologi mempermudah kerja HR dan Karyawan dalam menjalankan tugasnya seperti dalam hal administratif  : menyimpan data absensi karyawan dan membuat timesheet. 





Posting Komentar untuk "Kenali Trend Digitalisasi HR Agar Bisnis Pesat 2023"