Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Rahasia Yang Membuat Mixue Populer Di Indonesia

Daftar Isi [Tampil]

 Inilah 4 Rahasia Yang Membuat Mixue Populer Di Indonesia





Mixue adalah brand es krim dan teh yang berasal dari Zhengzhou, Henan, China. Berdiri dari 1997, perusahaan ini berhasil merambah pasar luar negeri dan mempunyai lebih dari 21.500 gerai di 11 negara dunia seperti di Singapura, Filipina, dan Indonesia.


Mixue menjadi buah bibir di Indonesia beberapa waktu kebelakang, Brand ini tumbuh begitu cepat, cabang-nya ada dimana. Bahkan ruko-ruko yang sebelumnya kosong, sekarang digunakan Mixue untuk dijadikan gerainya.


Apa sih alasan Mixue begitu cepat perkembangan dan populer di Indonesia ? Inilah rahasianya ;


Berani pasang Harga Murah


Hal pertama yang membuat produk Mixue begitu laku di Indonesia adalah harganya yang murah. Di China saja di jual antara 5 - 10 Yuan perproduknya, ini adalah harga paling murah yang tidak bisa diikuti oleh kompetitor-nya seperti Heytea dan Nayuki.


Untuk harga produk Mixue di Indonesia pun juga murah antara 8.000 - 22.000 rupiah saja. Range harga ini sangat bersahabat untuk kalangan anak muda yang uangnya belum banyak. Alhasil produk Mixue lalu keras sampai sekarang.


Memakai Sistem Bisnis Franchise


Pada tahun 2007 silam, pemilik Mixue Zhang Hongcao memutuskan membuat sistem bisnis Franchise. Keputusan ini terbukti tepat, tidak lebih dari setahun banyak cabang Mixue baru yang dibuka di provinsi Henan. Dan di tahun 2008, gerai Mixue mencapai 180 Gerai.


Di Tahun 2010, dengan menggandeng perusahaan keuangan Zhengzhou Baodao Trading. Mixue mengembangkan bisnisnya dalam skala nasional. Nama Mixue pun mulai familiar di publik.


Biaya yang diperlukan untuk mendaftar Franchise Mixue adalah 700 - 900 Juta rupiah. Angka ini juga menjadi sebab, kenapa Mixue berkembang sangat pesat.


Memberikan Pinjaman Tanpa Bunga Untuk Mitra


Mendirikan Franchise pada fase awal memang tidak mudah, mitra perlu mendapatkan suntikan modal untuk memperlancar usahanya. Dan Mixue menyadari kebutuhan itu dan berani memberi gelontoran modal pinjaman tanpa bunga pada mitra-mitranya. Pinjaman tersebut juga memancing bertambahnya mitra baru Mixue.


Berhasil mengontrol penuh rantai pasok logistik sendiri


Salah faktor fundamental, Mixue bisa sukses adalah kemampuannya dalam mengontrol pasok logistiknya sendiri. Sejak tahun 2012 lalu, perusahaan ini mendirikan pusat Litbang dengan sistem modern. Hal ini dilakukan untuk menguasai alur produksinya sendiri hingga berhasil menciptakan swasembada. Tentu Mixue berhasil mengurangi pengeluaran untuk biaya logistik dan produksi.


Mixue mendirikan pusat logistik di provinsi Henan, untuk memproduksi bahan baku sendiri lalu kepada mitra Franchise-nya dengan biaya pengiriman gratis. Adanya pusat logistik sendiri membuat pengiriman bahan baku lebih cepat serta menghemat biaya.


Beradaptasi dengan Budaya Setempat


Mixue berhasil populer di Indonesia, salah satunya karena strategi bisnis-nya yang menyesuaikan dengan kultur budaya Indonesia. Seperti yang terlihat dari design dekorasi, momen promo pada hari besar kebudayaan lokal dan sebagainya.




Posting Komentar untuk "Inilah 4 Rahasia Yang Membuat Mixue Populer Di Indonesia"