Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Melahirkan

Daftar Isi [Tampil]

 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Melahirkan




Saat ini banyak pilihan dari perusahaan asuransi untuk meng-cover biaya persalinan anak. Dengan asuransi ini, pengeluaran  di masa melahirkannya akan ditanggung pemberi asuransi bahkan sampai 100 %.


Sekarang ini banyak pilihan asuransi persalinan baik yang berasal dari pemerintah ( BPJS ) hingga perusahaan swasta. Tentunya masing-masing memiliki persyaratan dan ketentuan berbeda-beda. Ada asuransi yang mengcover biaya persalinan normal, ada juga yang mengcover sampai persalinan Caesar. 


Merujuk OJK, asuransi persalinan memberikan perlindungan biaya mencakup tindakan medis, pemeriksaan kehamilan, biaya persalinan hingga biaya pasca melahirkan.


Meskipun menguntungkan, Menggunakan asuransi persalinan tetap memiliki resiko, maka dari itu kita perlu memperhatikan hal apa yang bisa dipertimbangkan dalam memilih asuransi persalinan:


Pilihlah Asuransi Sesuai Kebutuhan


Anda perlu memilih asuransi persalinan sesuai dengan kebutuhan. Karena ada sebuah resiko dimana permohonan klaim asuransi ditolak perusahaan karena terdapat poin pengecualian pada polis asuransi. Pilihlah jenis asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial anda.


Misalnya, anda seorang ibu yang sering berpergian ke luar negeri. Anda bisa memilih asuransi persalinan yang bisa memberi proteksi dalam jangkauan internasional. Ini dilaksanakan bila sewaktu-waktu anda melahirkan di luar negeri, biaya persalinan masih bisa tercover.


Pastikan Asuransi menanggung biaya rawat jalan sebelum dan sehabis melahirkan


Bukan hanya fase persalinan yang penting, fase pemeriksaan sebelum dan sesudah persalinannya juga penting dilakukan. Maka dari itu ketika memilih asuransi persalinan, pastikan memilih program yang bisa mengcover semua keperluan tersebut. Jadi anda tidak perlu memikirkan masalah biaya dan fokus untuk menjalani masa persalinan.


Pilih polis asuransi yang sesuai dengan biaya melahirkan


Pertimbangan selanjutnya saat memilih program asuransi adalah masalah biaya preminya. Apakah memang pas dengan biaya persalinan anak dan lihat juga tingkat finansial andanl, apakah memungkinkan untuk membayar iuran asuransi ?.


Jangan memilih asuransi secara buru-buru. Baca ketentuan layanannya secara pelan-pelan sampai anda paham. Jika anda poin-poin yang belum dipahami, tanyakan saja pada perusahaan asuransi. Baru setelah yakin, silahkan mendaftar asuransi persalinan.


Pilihlah Asuransi yang bekerjasama dengan banyak Rumah Sakit


Meskipun ibu sudah menentukan rumah sakit untuk keperluan konsultasi dan persalinan, tetap harus dipastikan bahwa Asuransi yang dipilih berkerjasama dengan rumah sakit yang ditujukan. Asuransi persalinan yang bagus tentu bekerjasama dengan banyak rumah sakit. Bila suatu hari ibu ingin melahirkan, bisa dirujuk di Rumah terdekat yang bermitra dengan perusahaan asuransi.


Pastikan juga ibu mendapatkan layanan persalinan semaksimal mungkin, agar ibu dan anak selamat dan merasakan keuntungan mendaftar asuransi.



Posting Komentar untuk "Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Melahirkan"