Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menentukan Harga Jual Produk, Yang Masih Bingung Simak Ya !

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Menentukan Harga Jual Produk, Yang Masih Bingung Simak Ya !




Anda baru start jualan dan masih belum tahu cara menentukan harga jual produk ? Nah ada sebenarnya ada beberapa solusi lho yang bisa dilakukan untuk menentukan harga jual produk ideal. Yang tidak terlalu murah bagi penjual dan tidak terlalu mahal untuk pembeli.


Kita nggak boleh menyepelekan tentang menentukan harga jual produk lho. Salah-salah malah bisa membuat bisnis merugi atau konsumen lari ke kompetitor. Dalam menentukan harga jual itu harus ideal. Dimana harga bisa menguntungkan penjual juga tidak memberatkan pembeli. 


Berikut ini tipsnya:


Mengetahui seluk beluk pasar


Untuk lebih mudah dalam menentukan harga produk, kita perlu mendalami situasi pasar. Seperti mengetahui produk apa yang dibutuhkan masyarakat, berapa tingkat daya beli masyarakat, siapa yang paling banyak membutuhkan produk, berapa jumlah kompetitor dan berapa harga yang patok.


Kalau hanya sekedar untuk membuat harga lebih murah dibanding kompetitor, ini bisa membuat keuntungan yang didapat tidak maksimal. Apalagi produk yang dijual memiliki kualitas yang bagus. 


Harga bisa berfungsi sebagai tanda pada pelanggan. Harga murah bisa diartikan konsumen bahwa produk yang kita jual memiliki kualitas rendah, sedangkan harga tinggi bisa meyakinkan barang yang dijual memiliki kualitas bagus.


Menetapkan harga produk bisa disesuaikan dengan tujuan atau strategi bisnis yang kita inginkan lakukan. Misalnya ketika kita melaunching produk baru, untuk menambah daya tarik, kita bisa memasang tarif diskon yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu.


Hitung Biayanya


Setidaknya kita mengetahui bahwa harga yang kita patok bisa menutupi pengeluaran yang sudah dilakukan, baik pengeluaran langsung atau tidak langsung. Contoh biaya pengeluaran langsung seperti pembelian bahan baku, peralatan dan bahan bakar. Sementara untuk pengeluaran tidak langsung contohnya biaya riset pengembangan produk, pengeluaran gaji karyawan, biaya sewa ruangan dan sebagainya.


Bila kita hanya menjual 1 jenis produk, memastikan harga bisa mengcover semua biaya pengeluaran adalah hal yang penting. Namun bila kita menjual banyak produk, setiap produknya bisa menambah biaya tetap. 


Perlu diriset berapa biaya tetap dari setiap produk yang kita jual. Totalkan semua biayanya dan bagi dengan volume untuk mendapat angka impas unit. Selanjutnya margin bisa ditambahkan dalam angka impas unit tersebut.


Seiring dengan bertambahnya pengalaman dan pengetahuan mengenai norma industri, kita akan lebih fleksibel dalam meningkatkan Mark up.






Posting Komentar untuk "Tips Menentukan Harga Jual Produk, Yang Masih Bingung Simak Ya !"