Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Usaha Jualan Sarung

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Memulai Usaha Jualan Sarung




Semakin modern zaman berkembang memang membuka kesempatan bisnis-bisnis baru bermunculan. Ada yang cepat menjadi trend dan mendatangkan untung bagi pelaku usaha, namun ada juga yang tidak bertahan lama dipasaran.


Alasan kenapa sebuah produk cepat meredup keberadaannya juga dipengaruhi oleh modernisasi, yang membuat trend bisa berubah dengan dinamika yang cepat. Bila anda ingin membangun bisnis yang bertahan lama tanpa tergerus zaman, salah satunya adalah usaha sarung. Usaha ini sudah ada dari turun temurun dan bertahan hingga sekarang;


Mau tau tipsnya ? Simaklah uraian berikut :


Kenali bahan material pembuatan sarung


Hal pertama yang diperlukan sebelum usaha jualan sarung adalah mengenali bahan pembuatnya. Sarung adalah pakaian yang bisa terbuat dari banyak bahan seperti: kain sutera, poliester, katun, rayon atau tenun. Setiap bahan memiliki karakteristik, tekstur, harga dan Kelebihan masing-masing.


Ketika mengetahui jenis-jenis kain untuk sarung, ini bisa disesuaikan dengan Anggaran yang anda miliki, ini juga cara yang bagus untuk menentukan segmentasi pasar yang diincar. Misalnya bila target anda adalah orang kalangan ekonomi menengah keatas, anda bisa membuat kain sarung berbahan sutra.


Menentukan Target Pasar


Sebenarnya untuk bisnis sarung secara umum paling peminatnya adalah orang muslim pria. Namun hal tersebut masih bisa dikategorikan lagi misalnya dari pengelompokkan umur. Anak-anak, remaja atau orang dewasa, memiliki selera sarungnya sendiri.


Jika menyasar target remaja, biasanya mereka menyukai motif sarung unik, seperti pola abstrak dan berwarna gelap. Bila menyasar orang dewasa, mereka lebih suka sarung berpola tradisional. Dengan mengetahui target pasar, sarung kita akan lebih mudah terjual.


Menentukan Jenis Usaha


Langkah selanjutnya sukses bisnis sarung adalah menentukan jenis usaha. Usaha jualan sarung bisa dilakukan secara online maupun offline. Anda perlu memikirkan hal ini dari awal, karena akan mempengaruhi strategi bisnis yang akan diterapkan nantinya.


Jika menggunakan opsi Jualan Sarung offline maka anda perlu mencari tempat yang strategis. Tempat dimana banyak orang bisa tahu produk anda, seperti area kawasan ekonomi, mall, pinggir jalan kota dan sebagainya. Jika memilih opsi Jualan online, anda perlu mendaftar media sosial/marketplace dan belajar digital Marketing.


Mencari Distributor 


Tahap keempat untuk sukses jualan sarung adalah mencari distributor. Pilihlah distributor yang memiliki kredibilitas tinggi, sehingga kerjasama yang terjalin bisa berlangsung aman. Perlu diketahui distributor sarung sangatlah banyak. Jadi anda perlu mensurvei terlebih dahulu untuk mendapatkan distributor Terbaik.


Anda bisa memilih distributor berdasarkan jenis sarung yang anda ingin jual. Karena distributor umumnya memiliki bahan dan cara produksi sarung berbeda-beda. Dan yang terakhir sesuaikan dengan budget. Semakin mahal jenis kain sarungnya, semakin banyak modal yang dikeluarkan.


Posting Komentar untuk "Tips Memulai Usaha Jualan Sarung"