Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Stop Kebiasaan Boros Belanja Online

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Jitu Stop Kebiasaan Boros Belanja Online




Belanja online memang sudah menjadi fenomena yang lazim dilakukan masyarakat luas. Terutama semenjak pemerintah mengeluarkan pembatasan kegiatan sosial, akibat mewabahnya covid 2019. Meskipun begitu kegiatan ekonomi jual-beli masih harus tetap berjalan untuk memenuhi kebutuhan.


Makanya banyak yang beradaptasi dengan berbelanja via online. Memang fasilitas belanja online sangat menggiurkan, namun jangan sampai kecanduan ya, apalagi sampai membuat Pengeluaran jadi boros.


Berikut ini adalah tips stop kebiasaan boros belanja online:


Batasi melihat website belanja online


Cara efektif untuk mengurangi nafsu belanja menurut Mike Rini, selaku Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi adalah dengan membatasi melihat website belanja online.


" Kita mungkin merasa melihat website belanja adalah hal yang wajar, kita juga mungkin berpikir untuk mengeluarkan uang belanja, karena tidak ada beban biaya transportasi/makan siang kantor dan hangout. Jadi karena hak tersebut, uangnya dilampiaskan untuk belanja online"


Sebenarnya perlu diwaspadai, saat kita melihat web belanja online, rasa penasaran dan ingin membeli pun langsung naik. Yang semula tidak ada pikiran malah jadi beli barang. Kalau hal ini dibiarkan, uang akan jadi boros.


Hindari Perilaku Impulsif


Kalau memang tidak bisa hawa nafsu belanja, hal seharusnya dilakukan adalah menandai barang incaran terlebih dahulu. Masukan saja barang dalam daftar favorit atau keranjang. Nanti kalau uang sudah dirasa aman dan cukup barulah dibeli. Yang penting kita harus menghindar perilaku impulsif saat melihat web belanja online.


 Jangan apa-apa langsung beli barang tanpa melihat kapasitas keuangan. Kita juga bisa menimang-nimang urgensi dari barang yang ingin dibeli. Apakah kita memang benar membutuhkannya atau tidak ? Jadi jangan mengedepankan nafsu dalam berbelanja, namun juga harus rasional.


Beli sesuatu yang diburu dan jangan gampang tergoda dengan promo 


Promo seperti diskon dan flashdiel memang menggiurkan untuk konsumen, tawaran harga murah bisa jadi awal seseorang kecanduan berbelanja via online. Ketika kita tidak bisa menahan keinginan belanja, maka uang akan begitu cepat habis dari kantong kita.


Bukan hanya tawaran diskon harga murah, perlu juga menwaspadai tenang promo ongkir gratis. Karena ongkir gratis, bisa membuat kita membeli banyak barang.


Terkadang kita akan muncul rasa menyesal setelah membeli banyak barang. Ternyata barang tersebut tidak terlalu kita butuhkan dalam hidup. Idealnya belanja online tidak lebih dari 20 % dari total jumlah pendapatan.

Posting Komentar untuk "Tips Jitu Stop Kebiasaan Boros Belanja Online"