Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Cara Kerja, Dan Manfaat Chatbot

Daftar Isi [Tampil]

 Pengertian, Cara Kerja, Dan Manfaat Chatbot




Chatbot adalah salah satu bentuk Artificial Intelligence yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis. Chatbot bisa mempermudah pengguna untuk berkomunikasi dengan konsumen. Untuk cara kerjanya, Chatbot  akan menjawab dan mensimulasikan jawaban berdasarkan algoritma yang telah disusun sebelumnya. Chatbot bisa mengganti sementara peran manusia, untuk menjawab pertanyaan dari konsumen.


Chatbot kerap dijuluki robot pintar, karena bisa melakukan tugas yang lazimnya dilakukan manusia. Chatbot bisa berkomunikasi, menjawab pertanyaan atau memberikan instruksi pada konsumen. Teknologi ini sudah mulai diterapkan pada platform seperti WhatsApp, Instagram, hingga Facebook.


Bila tertarik Mengenai informasi tentang Chatbot simak uraian berikut ini:


Pengertian Chatbot


Chatbot adalah merupakan salah satu bentuk dari Artificial Intelligence. Ia disusun berdasarkan algoritma dan mampu memberikan jawaban baik berupa teks/suara pada pelanggan. Salah satu bentuk Chatbot paling familiar adalah google asisten. 


Umumnya Chatbot mampu memberikan jawaban, ketika ditanya dengan instruksi-intruksi sederhana. Bisa diterapkan pada website, aplikasi chatting, marketplace dan lain sebagainya. Chatbot bisa memberinya 24 jam nonstop tanpa istirahat, sehingga mempermudah peran costumer servis. 



Fungsi Chatbot untuk Bisnis


Chatbot punya banyak manfaat untuk bisnis, utamanya untuk mempermudah interaksi antara pemilik bisnis dan konsumennya. Hal-hal mengenai memberikan instruksi atau menjawab pertanyaan konsumen bisa dilakukan oleh teknologi Artifisial intelligence ini. Untuk fungsi selainnya ada di list ini:


  • Otomatis mengirim pesan notifikasi pengingat ( penawaran produk/diskon) kepada pelanggan

  • Menjawab pertanyaan konsumen secara cepat, 24 Jam nonstop

  • Memberikan informasi deskripsi produk

  • Mengirimkan data mengenai status transaksi dan cara menyelesaikannya

  • Mengumpulkan testimoni dari pembeli


Alasan Chatbot penting dalam dunia usaha


Dalam ekosistem bisnis sekarang yang lekat dengan teknologi, tentu akan menguntungkan bila perusahaan menggunakan layanan Chatbot. Karena bisa mempermudah kinerja costumer servis. Mereka tak perlu seharian stand by di handphone untuk menjawab chat konsumen.


Bekerja 24 Non stop


Kita semua tahu sekuat-kuatnya manusia tidak bisa bekerja 24 jam nonstop. Termasuk dalam urusan costumer servis. Disaat costumer servis beristirahat, fungsinya bisa digantikan sementara oleh teknologi Chatbot. Chatbot memiliki kelebihan bisa bekerja 24 jam nonstop. Sehingga konsumen tetap bisa mendapatkan tanggapan cepat, meski bertanya diluar jam kerja.


Mempersingkat Waktu Pelanggan


Chatbot adalah alat yang cepat tanggap dalam menjawab pertanyaan konsumen. Karena hal ini, konsumen pun tidak perlu menunggu terlalu lama. Selanjutnya konsumen tinggal menentukan pilihan melanjutkan transaksi atau tidak.


Meningkatkan faktor costumer experience


Karena Chatbot bekerja 24 jam dan cepat dalam memberikan respon, ini akan membuat konsumen merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang sudah diberikan perusahaan. Ini akan jadi modal penting, untuk menarik konsumen dalam melakukan pembelian.


Membuat produk laris


Salah satu manfaat terbesar dari pemakaian Chatbot adalah meningkatkan tingkat penjualan. Meningkatkan faktor costumer experience, juga jadi penunjang sebuah perusahaan dengan cepat bisa mengekspansi pasar.


Memperkecil pengeluaran


Karena mengurangi kerja costumer servis, ini tentu akan menghemat pengeluaran tambahan. Tak perlu lagi menerima karyawan baru untuk menjawab pertanyaan konsumen, memberikan notifikasi produk terbaru, mengumpulkan testimoni pelanggan. Hanya dengan 1 Chatbot saja hal tersebut bisa dilakukan.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Cara Kerja, Dan Manfaat Chatbot"