Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metode Ampuh Agar Utang Tidak Terus Menumpuk

Daftar Isi [Tampil]

 Metode Ampuh Agar Utang Tidak Terus Menumpuk




memang kerap dijadikan solusi bagi banyak orang ketika terhimpit kebutuhan yang mendesak. seperti membayar cicilan motor membayar uang pendidikan anak membayar biaya rumah sakit dan sebagainya. Namun hutang tetaplah hutang yang perlu dibayarkan di kemudian hari. hutang perlu dikelola agar jumlahnya tidak semakin besar hutang bukan hanya memperbesar pengeluaran tapi juga bisa memperburuk hubungan dengan orang yang dimintai hutang. sudah banyak contohnya hubungan antara keluarga menjadi renggang karena massa hutang.


bagi anda yang memiliki hutang tenang saja karena kami akan membagikan metode agar masalah tersebut bisa segera teratasi. Dalam artikel berikut ini:



Catat jumlah hutang dan bayar berdasarkan skala prioritas


Metode pertama untuk membuat hutang tidak menumpuk adalah mencatat hutang dari nominal terbesar sampai yang kecil. kemudian cicil utang tersebut berdasarkan skala prioritas, misalnya kita memprioritaskan untuk membayar hutang yang bunganya paling besar terlebih dahulu agar bunganya tidak semakin membesar di kemudian.


Selama mencicil hutang Kita juga harus memanajemen keuangan stop dulu untuk melakukan belanja-belanja yang tidak perlu atau memenuhi kebutuhan yang sifatnya tersier seperti shopping, beli voucher game, dan lain sebagainya. Lakukan Cara ini sampai hutang kita benar-benar lunas.


Berhutang tidak lebih dari 30% dari total pendapatan kita


udah banyak konsultan keuangan mengatakan idealnya utang itu tidak lebih dari 30% dari total pendapatan kita. dengan nominal tersebut kita masih punya alokasi dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan lain misalnya untuk membeli kebutuhan sehari-hari atau menabung. bila hutang ternyata lebih dari 30% ini nantinya akan mengganggu arus cash flow dari keuangan kita. Jika sudah seperti ini alangkah baiknya melakukan evaluasi contohnya dengan memperkecil pengeluaran yang tidak perlu, dan tidak menambah hutang yang lain. Kalaupun ingin berhutang hindari untuk menggunakan jasa dari aplikasi pinjol ilegal, karena bunga yang mereka berikan sangatlah besar. Lebih baik minta sama saudara yang mengerti kondisi anda dan mereka mau untuk memberi kelonggaran dalam hal pembayaran.


Lakukan alokasi anggaran setiap bulannya


Kota ini bisa anda lakukan ketika hutang benar-benar lunas. Metode ini sangat efektif agar casual keuangan anda tidak terganggu. Bila anda memiliki gaji setara UMP, terapkanlah metode komitmen budgeting. Yang artinya 75% dari gaji anda untuk kebutuhan sehari-hari dan sisanya 25% dialokasikan untuk investasi atau menabung. 


Lain halnya jika anda memiliki gaji dua digit Anda bisa mengalah keasikan 50% dari pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari 25% untuk investasi dan sisanya 25% untuk kebutuhan tersier. untuk yang sudah memiliki gaji di atas 30 juta alokasinya adalah 70% gaji untuk kebutuhan sehari-hari, 15% untuk investasi, 10% untuk asuransi dan sisanya untuk dibagikan kepada sesama.

Posting Komentar untuk "Metode Ampuh Agar Utang Tidak Terus Menumpuk"