Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Dapatkan Digital Rupiah ? Beginilah Caranya

Daftar Isi [Tampil]

 Mau Dapatkan Digital Rupiah ? Beginilah Caranya



Digital Rupiah akan segera diresmikan oleh Bank Indonesia. Nantinya aset tersebut bisa didapatkan masyarakat umum melalui peritel/retailer yang sudah mendapatkan legalitas dari BI. 


Sebelum kita membahas poin utama dari artikel ini, sebaiknya kita perlu mengenal siklus penerbitan dari Uang Digital Rupiah ini. Mulai dari fase penerbitan, penyebaran hingga pemusnahannya.


Digital Rupiah adalah produk resmi dari Bank Indonesia nantinya disalurkan oleh wholesaler baik berupa bank maupun non bank yang aktivitasnya dalam dunia pembayaran. Nantinya akan ada mekanisme penukaran dari retailer dan BI dengan melibatkan rekening giro.


Digital Rupiah yang ditukarkan hanya on demand saja, transaksinya otomatis tercatat dalam khasanah digital Rupiah. Ketika digital Rupiah tersirkulasikan, pencatatan juga akan dilakukan.


Rupiah digital disebarkan pada retailer


Bank Indonesia membagikan digital pada wholesaler, kemudian wholesaler akan membagikannya pada retailer. Semua pihak yang terlibat dalam distribusi rupiah digital harus mendapat izin dari BI. 


Digital Rupiah bukan hanya berhenti pada retailer, mereka juga bisa membagikannya pada masyarakat umum


Uang Fisik bisa ditukarkan menjadi Digital Rupiah


Masyarakat umum bisa juga memperoleh rupiah digital dengan menukarkan uang fisik yang ia miliki , baik dalam bentuk kertas atau logam. Kegunaan rupiah digital juga sama dengan rupiah kertas, bisa digunakan transaksi jual-beli, termasuk nantinya untuk transaksi dalam dunia metaverse. Dan saat kondisi ini terjadi, wholesale Rupiah digital sangsi bisa berubah jadi retailer.


Rupiah digital bisa digunakan untuk alat tukar pada pasar barang, baik perseorangan, merchant hingga perusahaan, akan menggunakan rupiah digital pada pasar barang ritelnya.


Rupiah digital bisa dikonversi jadi uang fisik


Pemilik rupiah digital bisa mengkonversi Assetnya jadi dalam bentuk uang fisik. Baik kertas, logam atau disimpan dalam rekening bank. Mekanisme ini juga disebut sebagai metode pemusnahan uang rupiah digital.


Untuk cara penukaran rupiah digital, kita bisa menemui wholesale. Selanjutnya mereka akan memproses hal tersebut jadi uang kertas, logam, rekening bank hingga aplikasi fintech. Uang rupiah digital selanjutnya akan dikembalikan lagi pada BI, selanjutnya akan dimusnahkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga rupiah digital nilainya tetap stabil dan tidak rentan Inflasi.


Begitulah cara-cara mendapatkan rupiah digital, semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk kita semua.



Posting Komentar untuk "Mau Dapatkan Digital Rupiah ? Beginilah Caranya"