Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Langkah Menjual (Penjualan) 8P

Daftar Isi [Tampil]

 

Langkah Langkah Menjual (Penjualan) 8P

Langkah Langkah Menjual (Penjualan) 8P - Wirausahawan, sangat dituntut perannya dalam hal berjualan. Artinya dia pribadi harus piawai dalam menjual untuk mengembangkan pasar bagi bisnisnya.  Kita banyak menemui fakta banyak usaha-usaha entrepreneurial yang berkembang pesat karena pemiliknya sangat selling.

Contohnya, dari pebisnis sukses yang pemiliknya sangat selling antara lain Bob Sadino, Hari Darmawan, Ciputra, dan lainnya.  Dari usaha mikro dan kecil, ada nama-nama yang juga dikenal antara lain Mbah Surip juragan Mie Jowo Ampera atau Bu Lilik bos Pecel Pincuk Bintaro.  

Kemampuan jualan jadinya seperti magic!   Penulis percaya bahwa rahasianya tersembunyi pada kemampuan kita untuk merebut perhatian dan mengambil hati pelanggan. 

Rahasia langkah penjualan berorientasi pelanggan inilah yang disebut Langkah Langkah Menjual atau Penjualan 8P seperti di bawah ini.

1.     Prospecting (Mencari Calon Pelanggan)

Tahap mengumpulkan informasi tentang calon-calon pelanggan kita, atau orang-orang berpotensi sebagai pembeli.  Pada tahap ini kita dapat mengumpulkan informasi dengan berbagai cara antara lain referensi dan rekomendasi, pameran & demo, buku telpon, observasi, sanak & sahabat, komunitas riil dan dunia maya, serta jaringan kita.

2.     Persiapan (Preparations)

Inilah tahap persiapan, segala informasi tentang prospek yang akan kita kunjungi harus disiapkan untuk mengembangkan sebuah rencana kunjungan.   Nama, alamat, profesi, dan kegiatan prospek disiapkan, demikian pula dengan  waktu, tempat dan tujuan  kunjungan serta pendekatan presentasi direncanakan. 

3.     Pendekatan (Approaches)

Tahap pendekatan ini dilakukan sebelum membuka presentasi dengan menciptakan kesan pertama yang baik sehingga dapat menarik perhatian prospek dan menciptakan suasana yang kondusif.  Pendekatan umumnya dimulai dari diri penjual sendiri dengan sapaan sopan yang menarik dan membuka percakapan tentang hal-hal ringan yang menarik perhatian dan menyenangkan prospek.  Kenakan busana yang rapi dan sopan , serta gunakan bebauan yang sedap dan sentuhan atau jabat tangan yang sopan.   

4.     Pembukaan (Opening)

Setelah suasana (atmosfir) kondusif, lakukan pembukaan presentasi dengan mulus dan alamiah.  Pembukaan ini bertujuan agar pembeli siap dan tertarik untuk mendengar presentasi.  Maka apabila kita mampu membuat mereka ingin tahu dan merasa terlibat dengan presentasi, pembukaan kita berhasil. 

5.    Presentasi

Inilah inti dari kunjungan penjualan, mempresentasikan bisnis/produk yang ditawarkan.  Tujuan presentasi ini adalah memberi edukasi dan pengetahuan, mempengaruhi prospek agar tertarik (desire) dan kemudian yakin (conviction) , dan terakhir mendorongnya untuk melakukan pembelian (action).  Karena itu, kita harus dengan baik mejelaskan tentang segala karakter (features) dan manfaatnya (benefits) bagi pembeli, serta  cara-cara penggunaan atau aplikasinya.  

6.    Penanganan Keberatan (Handling Objections)

Jarang sekali presentasi berjalan mulus tanpa hambatan.  Hambatan itu umumnya berupa keberatan yang diajukan oleh prospek, umumnya terlihat dari munculnya pertanyaan atau pernyataan yang melawan argumentasi kita, atau memberi kondisi-kondisi yang diluar kapasitas kita.   Bagi penjual, keberatan itu harus diatasi dengan sikap yang positif, yakni didengar keberatannya sampai selesai, memahami keberatan itu, dan segera mengatasinya

7.   Penutupan (Closing)

Tahap ini merupakan ukuran sukses proses penjualan, transaksi terjadi, order diperoleh penjual.  Setelah keberatan berhasil diatasi, akan muncul tanda-tanda ingin membeli (buying signals) misalnya ia mulai memegang lembar order, bertanya-tanya lebih dalam dengan antusias, menanyakan pengalaman pembeli lain, santai dan bersahabat.   Setelah muncul tanda-tanda itu bolehlah penjual mencoba untuk menutup penjualan.

8.   Pelayanan dan Tindak Lanjut (Servics  and Follow Up)

Tahap ini sangat penting untuk menjaga keberlanjutan bisnis dan menjaga kepentingan bisnis jangka panjang.   Inti dari tahap ini adalah layanan (service) yang memuaskan. 

Keseluruhan langkah langkah menjual (penjualan) 8P ini perlu untuk dilatih dan dipraktekkan terus menerus agar kita dapat menjadi jago jualan sejati. Salam sukses selalu (bisnisan.id).

 

 

Posting Komentar untuk "Langkah Langkah Menjual (Penjualan) 8P"