Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Sektor-Sektor Dalam Bursa Saham

Daftar Isi [Tampil]

 Kenali Sektor-Sektor Dalam Bursa Saham




Bursa Efek Indonesia perlu diketahui sudah mengelompokkan perusahaan dalam lantai bursa dalam beberapa kategori. Namun investor pemula kebanyakan tidak menggubris hal ini, mereka tidak tahu kategori saham dan langsung membeli saham suatu perusahaan.


Setiap investor, idealnya perlu mengetahui secara matang tentang kategori saham yang ia beli. Karena setiap saham punya konsekuensi berbeda dalam lantai bursa.


Untuk lebih detai mengenai sektor-sektor dalam Bursa Saham, silahkan simak artikel berikut ini:


Industri Barang Konsumsi


Ini merupakan sektor saham yang paling banyak di temukan dalam bursa Efek Indonesia. Ada banyak perusahaan yang bergerak pada bidang yang selalu dibutuhkan dalam hidup ini. Mereka juga menjual lembaran sahamnya pada investor. Saham dijual untuk menambah modal.


Ada banyak sekali contoh perusahaan sektor barang konsumsi yang menjual sahamnya di bursa Efek. Contohnya perusahaan air minum Aqua, Perusahaan Mie Indofood, atau perusahaan herbal Sidomuncul.


Industri Dasar dan Kimia


Sektor saham selanjutnya yang beredar dalam bursa Efek Indonesia adalah berasal dari industri dasar dan kimia. Industri ini juga banyak dihuni oleh perusahaan besar lho dan sudah memiliki pengalaman pada bidang ini bertahun-tahun.


Contoh perusahaan kelas kakap industri dasar dan kimia adalah PT Citra Turbindo dan PT Keramika Indonesia Asosiasi yang memproduksi keramik skala nasional. Dua perusahaan tersebut sangat diminati sahamnya oleh investor.


Transportasi, Utilitas, dan Infrastruktur


Ini merupakan salah satu sektor favorit dalam lantai bursa Indonesia. Negeri ini tengah gencar dalam hal pembangunan, terlebih pemerintah mempunyai target tahun 2045 nanti Indonesia sudah jadi negara maju. Jelaslah perusahaan dari sektor transportasi, utilitas dan infrastruktur sangat diperlukan.


Contoh perusahaan sektor transportasi, utilitas dan infrastruktur adalah PT XL Axiata TBK yang memiliki performa menanjak tahun 2021 - 2022 ini. Saham dari sektor ini memang mengalami kenaikan harga fak beberapa tahun terakhir.


Sektor Keuangan


Investor Indonesia paling banyak menyetorkan uang-nya pada perusahaan sektor keuangan. Hal ini juga dipengaruhi dari banyak jumlah saham perusahaan dari sektor ini yang diizinkan melantai ke bursa. Secara potensi, saham sektor keuangan bisa dikatakan sebagai Evergreen, bisa bertahan sepanjang masa.


Meskipun seperti itu, investor tetap harus jeli membeli saham dari sektor keuangan. Salah satu perusahaan keuangan dengan performa memuaskan adalah Bank Central Asia TBK dan Asuransi Jiwa Sinarmas.


Perdagangan, Jasa dan Investasi


Ada banyak perusahaan sektor perdagangan, jasa dan Investasi di lantai bursa Indonesia. Contohnya adalah PT Bayu Buana Tbk, perusahaan yang bergerak pada bidang jasa pariwisata ini memperoleh sentimen positif sepanjang tahun 2022 ini. Ada juga perusahaan milik Sandiaga Uno, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk yang bergerak pada bidang investasi keuangan.


Posting Komentar untuk "Kenali Sektor-Sektor Dalam Bursa Saham"