Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin membuka cabang usaha ? Simak hal ini

Daftar Isi [Tampil]

 Ingin membuka cabang usaha ? Simak hal ini




Umumnya bisnis yang berkembang pesat, dari tingkat popularitas, kredibilitas dan tingkat penjualan produk akan memutuskan untuk memperluas lagi ekspansi mereka dengan cara membuka cabang baru. Namun hal tersebut harus dilakukan dengan pertimbangan matang.


Nah untuk tips membuka cabang bisnis baru, tenang saja karena kami akan mengulasnya dalam artikel berikut ini:


Punya tujuan dan Modal memadai


Hal pertama yang perlu dipastikan sebelum membuka cabang usaha adalah punya tujuan, apa goals yang ingin dicapai bisnis dengan adanya cabang baru. Tujuan perlu dipikirkan sejak dini karena nantinya akan berpengaruh pada saat menjalankan strategi usaha.


Sebenarnya alasan paling familiar kenapa bisnis perlu membuka cabang baru adalah untuk melayani permintaan konsumen yang semakin besar atau ingin menjangkau pasar yang lebih luas.


Selain tujuan, juga perlu disiapkan modal memadai untuk membiayai pembangunan tempat baru, penyedia alat produksi, hingga membayar gaji karyawan. Untuk sumber modal, bisa berasal dari hasil keuntungan penjualan produk, hutang produktif atau mencari Investor.


Lakukanlah Riset Pasar


Sebelum membuka cabang baru, alangkah baiknya melakukan riset pasar. Anda perlu potensi apa yang ada di tempat sekitar cabang baru tersebut. Karena hal ini memiliki banyak pengaruh misalnya dari segi keterjangkauan lokasi oleh pengunjung atau untuk menentukan segmentasi pasar.


Usahakan untuk mendapatkan lokasi paling strategis dan banyak potensinya, karena memiliki pengaruh signifikan untuk keberlangsungan sebuah usaha.


Punya SDM bermutu


Jika sudah membuat cabang baru, anda bisa coba menempatkan campuran pegawai senior dan junior. Pegawai senior punya kelebihan dari segi jam terbang dan pengalaman, sementara pekerja junior punya kelebihan dari sisi tenaga dan kreativitas. Perpaduan hal tersebut adalah gambaran dari karakteristik SDM bermutu yang berada dalam perusahaan.


Jika berjalan dengan lancar SDM bermutu juga memegang tanggung jawab penting kesusksesan bisnis saat membuka cabang baru.


Manajemen keuangan secara matang


Hal yang perlu dipertimbangkan saat membuka cabang usaha baru adalah manajemen keuangan secara matang. Pemili bisnis Perlu memastikan neraca keuangan perusahaan dalam kondisi sehat.  Arus masuk - keluarnya uang harus di atur secara baik.


Agar lebih simpel, anda bisa mulai menerapkan sistem pembayaran non-tunai pada konsumen. Bisa menggunakan kartu debit, e-money, e-wallet dana sebagainya. Ini tentu akan mempermudah proses manajemen keuangan dalam perusahaan.

Posting Komentar untuk "Ingin membuka cabang usaha ? Simak hal ini"