Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Gampang Atur Penghasilan Untuk Orang Awam

Daftar Isi [Tampil]

 4 Tips Gampang Atur Penghasilan Untuk Orang Awam




Pada saat anda mendapatkan gaji pertama dari kantor, pasti akan muncul rasa senang dan bangga. Setelah sekian lama, menggantungkan diri dari uang ortu. Sekarang anda bisa mendapatkan uang secara mandiri dan mulai merancang planing keuangan masa depan.


Agar nantinya anda tidak tergoda pemborosan, alangkah lebih baiknya anda mulai belajar cara mengelola penghasilan dari sekarang. Karena ilmu ini tidak diajarkan dari sekolah, namun sangat diperlukan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari.


Berikut ini adalah tips-tipsnya:


Tanam Kebiasaan Menabung


Pada saat kecil orang tua mendidik anda untuk menabung di celengan, ketika Jumlahnya sudah besar baru dibelanjakan sesuatu untuk kebutuhan anda misalnya membeli tas, sepatu dan segala macamnya. Kebiasaan menabung sebaiknya diteruskan pada saat anda dewasa. Sisihkan sebagian dari Penghasilan anda perbulannya untuk menabung. Untuk sekarang bisa disimpan di deposit bank karena memiliki tingkat keamanan tinggi.


Jangan terpancing menggunakan uang sisa penghasilan untuk shoping tidak perlu, karena akan menghambat planing keuangan dalam jangka panjang.


Segera Lunasi Tanggungan


Seiring waktu anda dewasa dan sudah memiliki penghasilan tetap, tentu ada beberapa kebutuhan yang memang perlu dibayarkan sendiri. Contohnya biaya kuota internet, bensin, servis motor, iuran kos dan sebagainya. Pengeluaran tersebut diklasifikasikan sebagai pengeluaran tetap yang perlu dibayarkan dari hasil pekerjaan.


Pengeluaran tetap harus dijadikan prioritas pelunasan dibandingkan dengan pengeluaran yang lainnya. Jika sudah lunas, anda boleh menggunakan untuk keperluan sekunder. Jika hal ini terapkan, anggaran keuangan akan terlihat lebih rapi.


Alokasikan Sebagaian gaji untuk melepas penat


Faktor utama manusia perlu bekerja adalah untuk mendapatkan uang. Nantinya uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Walaupun seperti itu, anda tetap perlu memberikan self reward atas hasil kerja keras anda saat bekerja. Anda bisa mengalokasikan sebagian dari gaji untuk refreshing.


Contoh refreshing setiap orang bisa berbeda-beda. Ada orang yang hobi belanja, Nonton film, liburan dan sebagainya. Anda boleh menggunakan gaji untuk hal tersebut, selama dalam koridor yang tepat. Akan lebih menguntungkan bila anda memiliki hobi yang menguntungkan seperti hobi gambar, anda bisa beli peralatan design dan menawarkan jasa tersebut di internet, nantinya anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.


Kumpulkan Dana Darurat


Dalam hidup ini manusia harus bersiap dengan segala skenario yang terjadi, karena tidak ada yang bisa memprediksi masa depan. Ada situasi seperti anda mengalami sakit, perusahaan tempat bekerja bangkrut, alat transportasi rusak dan situasi tak terduga lainnya. Untuk meminimalisir hal tersebut, anda bisa menyisihkan sebagian gaji untuk dana darurat 


Dana darurat akan sangat bermanfaat dalam jangka panjang. Anda bisa mengeluarkannya saat situasi finansial sedang tersedak.


Posting Komentar untuk " 4 Tips Gampang Atur Penghasilan Untuk Orang Awam"