Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Strategi Bisnis Untuk Hadapi Resesi Ekonomi 2023

Daftar Isi [Tampil]

 


3 Strategi Bisnis Untuk Hadapi Resesi Ekonomi 2023




Tahun 2023 sudah didepan mata, banyak pakar ekonomi tahun ini akan menjadi tahun yang gelap. Industri akan berjalan lebih lambat dari pada tahun-tahun terakhir. Namun dengan situasi tidak menguntungkan tersebut, sejatinya masih ada peluang UMKM selamat dari Resesi Ekonomi tersebut.


Menurut Suryanto Yasuputera sekaligus Pendiri Program Diplomat success challenge mengatakan bahwa UMKM bisa menjadi penggerak ekonomi bangsa, asal stakeholder didalamnya memiliki mental kuat untuk keluar dari resesi ekonomi.


Suryanto Yasuputera juga memberikan tips bagaimana bisnis menyiksa situasi Resesi Ekonomi 2023 berikut ini:


Tata kelola administrasi harus dilakukan dengan baik


Masih banyak pebisnis kurang peduli tentang tata kelola administrasi. Meskipun hanya mendirikan bisnis kecil, segala hal yang berkaitan dengan administrasi harus dikelola dengan baik, karena ini akan mempengaruhi cashflow perusahaan dan memberi pengaruh besar pada kekuatan finansial perusahaan.


Tata kelola administrasi meliputi pembuatan faktur, manajemen Pengeluaran, pembukuan keluar masuk uang dan sebagainya.


Faktor Sumberdaya manusia


Lazimnya bisnis yang masih growth up diatur oleh tim dalam jumlah kecil. Namun penambahan sumberdaya manusia perlu ditambah, apalagi kalau bisnis ingin menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Banyak SDM dengan latar belakang berbeda, akan semakin bagus dampaknya ketika menghadapi Resesi ekonomi.


Maka dari situ faktor pemilihan sumber daya manusia dalam perusahaan adalah hal yang sangat dianjurkan, karena akan semakin meningkat Produktivitas serta ketahanan dalam menghadapi Resesi ekonomi.


Faktor pemasaran dan komunikasi dengan pelanggan


Ada satu poin krusial yang perlu dilakukan UMKM untuk bertahan dalam masa resesi ekonomi. Kemampuan untuk beradaptasi contohnya dengan menerapkan metode promosi via media digital. Perusahaan yang bisa beradaptasi akan mampu bertahan lebih lama daripada perusahaan yang kolot dengan sistem lama.


Anda perlu menyiapkan alat-alat promosi digital yang tepat untuk kebutuhan perusahaan. Anda juga melakukan eksperimen pada alat promosi digital, untuk mengetahui mana yang paling efektif

Posting Komentar untuk " 3 Strategi Bisnis Untuk Hadapi Resesi Ekonomi 2023"