Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi untuk Menang Berkompetisi dengan Pesaing Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

 

Strategi untuk Menang Berkompetisi dengan Pesaing Bisnis

Untuk sebuah usaha yang sukses, tidak mungkin apabila tidak adanya pesaing usaha. Setiap usaha apa pun pasti memiliki pesaing, dan kadang pesaing itu membuat wirausahawan menjadi takut usahanya tersaingi, tidak laku atau bahkan bangkrut.

Pesaing usaha bukanlah akhir dari usaha kita, pesaing usaha juga bisa bernilai positif bagi usaha kita seperti  kita bisa terpacu untuk membuat sesuatu yang inovatif sehingga kita lebih unggul daripada pesaing kita. Apabila anda memiliki pesaing yang mengganggu ketenangan anda, maka anda wajib membaca tips untuk Menang Berkompetisi dengan Pesaing Bisnis berikut ini :

1. Mencari informasi tentang pesaing kita

Dimulai dari berapa harga yang di jualnya, berapa keuntungannya kemudian secara mendetail kita juga mencari tahu tentang hari apa saja saat dia laris dan hari apa saat sepi, hingga jumlah karyawannya. Dengan Mencari informasi seperti ini kita bisa melakukan hal yang sama atau bahkan lebih baik. Dan juga kita bisa mencari celah kelemahan usaha pesaing kita.

2. Mengamati tentang usaha kita

Dengan Mencari tahu informasi tentang orang lain bukan berarti kita melupakan usaha kita sendiri. Kita juga harus mencari kelemahan dan kelebihan tentang usaha kita sendiri, seperti kenapa orang tertarik dengan produk kita dibanding yang lainnya.

3. Inovasi

Berinovasi untuk berkompetisi adalah sesuatu hal yang harus di lakukan. Dengan adanya inovasi dalam produk  berarti kita menyediakan sesuatu yang baru dan membuat orang menjadi penasaran dan bahkan suka dengan produk kita. Ini menjadi kan usaha kita lebih unggul. Tapi saat usaha kita lebih unggul kita tidak boleh berbangga dengan cepat, amatai terus perkembangan usaha kita dan usaha pesaing.

4. Potongan harga

Memberi potongan harga atau diskon adalah tips jitu yang dengan mudah menarik minat pelanggan pada usaha kita. Contohnya satuan kue anda di hargai 4000 rupiah tetapi ketika pelanggan membeli 5 kue anda member harga 15000. Jangan takut menghadapi apa pun selama sesuatu yang anda kerjakan bernilai positif bagi orang lain.

5. Mencari partner usaha

Dengan adanya partner atau rekan usaha kita bisa dengan mudah mencari modal tambahan untuk usaha kita yang bisa membantu dalam pemasaran dengan sistem keuntungan untuk setiap penjualan produk. Kelebihan rekan usaha atau bisa disebut dengan mitra usaha kita tidak perlu menyiapkan gaji namun hanya membayar saat terjadi penjualan oleh rekan usaha kita.

6. Jujur dan ramah

Jujur merupakan sikap yang paling penting dan harus dimiliki oleh setiap wirausahawan, karena dengan kejujuran kita bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Jujur dikombinasikan dengan keramahan bisa membuat daya tarik pelanggan hal ini dikarenakan pelanggan lebih merasa nyaman dengan pelayanan kita  dibanding dengan usaha lainnya.

Demikianlah kunci strategi untuk menang berkompetisi dengan pesaing bisnis. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Strategi untuk Menang Berkompetisi dengan Pesaing Bisnis"