Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Rebranding dan Tujuannya Dalam Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

 Pengertian Rebranding dan Tujuannya Dalam Bisnis



Rebranding merupakan langkah yang lazim dilakukan perusahaan. Alasannya mungkin untuk menyesuaikan perubahan perilaku masyarakat atau murni sebuah strategi bisnis.


Namun tidak gampang untuk mengubah brand jadi baru. Perlu pertimbangan dan cara khusus agar berhasil.


Dalam artikel ini kami akan membahas secara detail mengenai pengertian Rebranding dan apa manfaatnya untuk bisnis:


Pengertian Rebranding


Rebranding adalah salah satu strategi untuk mengubah citra brand/perusahaan sesuai dengan pengembangan bisnis yang diinginkan.


Rebranding ada 2 jenis yaitu Rebranding Sebagian dan Rebranding Total. Rebranding sebagian melakukan perubahan hanya sebagian dari elemen bisnis yang sudah ada. Seperti mengubah tagline/logo.


Sementara Rebranding Total akan merubah keseluruhan dari elemen bisnis. Seperti Image Perusahaan, Logo, Tagline, hingga Nama Produk.


Pentingnya Branding Untuk Perusahaan

Mengubah Citra Perusahaan


Tujuan Rebranding yang utama adalah mengubah citra. Mungkin branding sebelumnya tidak maksimal/ tidak sesuai dengan tujuan bisnis. Bisa juga karena branding sebelumnya mendapatkan respons buruk dari konsumen.


Contoh Rebranding pernah dilakukan Start Up transportasi online yaitu Uber. Mereka sempat mendapat penilaian buruk dari konsumen berkaitan dengan pelayanan dan kualitas drivernya. Agar Citra tersebut hilang, akhirnya Uber mengubah Brand. Langkah tersebut berhasil dan Uber mendapatkan kepercayaannya kembali dari konsumen.


Memperluas Segmentasi Pasar


Rebranding sangat mungkin dilakukan apabila perusahaan ingin merambah target pasar berbeda. Contoh yang paling terkenal adalah pergantian Logo Yang dilakukan Oleh TVRI. Mereka membuat logo baru yang lebih menyesuaikan zaman dengan visual yang lebih modern. 


Rebranding yang dilakukan TVRI membuahkan hasil, TV yang lekat dengan stigma kuno, mulai dilirik anak muda. Dengan demikian TVRI mampu mendapatkan segmen pasar berbeda.


Beradaptasi dengan zaman


Manfaat selanjutnya dari Rebranding adalah beradaptasi dengan zaman. Memang dalam kondisi tertentu, brand lama perlu diganti dengan elemen baru yang lebih menyesuaikan zaman. Rebranding mampu menyelamatkan perusahaan dari ketertinggalan.


AirBnB yang dikenal sebagai platform akomodasi wisata, melakukannya perubahan Tagline mereka dengan tag baru " belong everywhere'. Mereka ingin merangkul market secara global. AirBnB juga melakukan redesign pada logo untuk menegaskan komitmennya pada konsumen.


Ingin Terlihat Unik


Rebranding adalah cara yang bagus untuk terlihat beda dengan kompetitor. Ada istilah sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik. Kesan " Beda" membuat brand lebih gampang di ingat oleh masyarakat. Rebranding bukan hanya strategi untuk perusahaan komersial namun juga untuk organisasi nirlaba.


Merger dengan perusahaan lain


Alasan terakhir kenapa Rebranding diperlukan adakah ketika sebuah perusahaan merger dengan perusahaan lain. Hal ini dilakukan untuk menyatukan visi - misi kedua perusahaan. Rebranding juga memperjelas image di mata masyarakat. Konsumen juga lebih gampang mengidentifikasi produk. (bisnisan.id)


Posting Komentar untuk "Pengertian Rebranding dan Tujuannya Dalam Bisnis"