Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara-Negara Asean Yang Diprediksi Lolos Dari Resesi

Daftar Isi [Tampil]

 Negara-Negara Asean Yang Diprediksi Lolos Dari Resesi




Banyak negara di dunia ini diprediksi terkena imbas Resesi ekonomi. Tahun 2023 sudah diwanti-wanti oleh banyak pengamat akan bersuasana gelap. PDB Negara tidak tumbuh, tersendatnya distribusi barang dan Naiknya angka kemiskinan. 


Namun ada lho beberapa negara dikawasan Asia tenggara yang tidak mengalami efek parah saat Resesi. Mau tahu daftarnya ? Simak uraian berikut ini:


Vietnam


Vietnam menjadi salah satu negara Asean yang kuat untuk menghadapi Resesi ekonomi. Menurut IMF pertumbuhan ekonomi negara bekas jajahan Amerika serikat tersebut termasuk yang paling tinggi dibandingkan negara Asia lainnya.


Data dari Badan Statistik Umum menunjukkan naiknya nilai ekspor Vietnam jadi 282,52 Milliar Dollar AS, atau naik lebih dari 17 % pada kuartal 3 tahun ini. Hal tersebut juga diikuti kenaikan pada bidang industri dan pembangunan dengan peningkatan mencapai 12 %.


Indonesia


Indonesia patut bernafas lega karena masuk negara yang lebih aman dari dampak Resesi ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal 1 dan 2 tahun 2022 ini secara umum positif. Dengan prosentase diatas 5 %. Bahkan di kuartal ketiga akan lebih baik lagi laju ekonomi Indonesia.


Ibu Sri Mulyani selaku menteri keuangan menyampaikan statement


" Indonesia akan aman terhadap resesi global, namun demikian masyarakat harus waspada dan menyiapkan dana darurat " Ujarnya.


Melihat dari angka pertumbuhan ekonomi, ekpor luar negeri dan laju inflasi, Indonesia diharapkan bisa bertahan dari krisis ekonomi.


Singapura


Singapura yang dikenal sebagai negara maju di Asia, juga diprediksi aman dari gelombang resesi. Grafik pertumbuhan negara ini semakin membaik setelah di kuartal pertama tumbuh 3,8 % , kemudian di kuartal kedua naik jadi 4,4 %. Kekuatan Singapura dalam menghadapi krisis ekonomi bisa terlihat saat krisis akibat wabah covid 2019. Singapura menjadi salah satu negara yang cepat pulih dan berhasil tumbuh ekonominya mencapai 7,1 %.


Meskipun bertumbuh lebih pelan pada tahun ini, Singapura diprediksi tetap mampu bertahan dari krisis.


Malaysia


Dengan mengandalkan kekuatan pada sektor agrikultur dan pertambangan, Malaysia diprediksi akan tetap kuat saat Resesi ekonomi 2023 tiba. Kedua sektor tersebut menyumbang 15 % dari total PDB Negara. Malaysia juga bagus dalam industri manufaktur dan Jasa, yang memiliki andil besar menyumbang lebih dari 60% dari PDB.


Pada kuartal kedua tahun 2022, angka pertumbuhan ekonomi Malaysia naik 8,9 %. Hal ini dipengaruhi oleh pasar modal uang yang memiliki ekuitas dan pasar modal utang yang bagus. Pada Juni 2022, pasar modal uang Malaysia Menghasilkan 1,8 Trilliun linggit


Filipina 


Negara sebelah Utara Indonesia juga memiliki performa ekonomi yang bagus untuk menyambut resesi ekonomi. Berdasarkan laporan dari Country Director ADB. Filipina mengalami pertumbuhan ekonomi 7 - 8 % di tahun 2022 ini. Namun negara ini perlu waspada dengan faktor geopolitik yang bisa meng

Posting Komentar untuk "Negara-Negara Asean Yang Diprediksi Lolos Dari Resesi"