Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Jauh Dengan Istilah Uang Panas

Daftar Isi [Tampil]

 Mengenal Lebih Jauh Dengan Istilah Uang Panas



Istilah uang panas sering dikaitkan dengan kondisi negatif yang berhubungan dengan proses pemberian dana dari satu pihak ke pihak lain. Secara umum masyarakat sudah mengenal istilah ini. Terutama saat belajar investasi, disana dijelaskan agar investor menghindari sumber uang panas.


Kenapa sih uang panas harus dihindari ? Dan bagaimana cara menghindarinya. Untuk menjawab pertanyaan ini simak uraian berikut ini:


Pengertian Uang Panas


Garis besar tentang uang panas adalah sejumlah uang yang dikeluarkan pihak tertentu pada pihak lain dengan maksud dan spekulasi yang berbeda-beda. Perlu diketahui prosesi transaksi uang itu bergerak secara cepat, unpredicteblle dan berubah sewaktu-waktu. Uang bisa berpindah antar kota, provinsi bahkan negara.


Transaksi uang panas kerap terjadi dan menjadi fenomena yang ada dalam pasar ekonomi. Transaksi uang panas bisa dicabut secara tiba-tiba tanpa perencanaan terlebih dahulu. Ini memang merupakan manipulasi yang sengaja dilakukan agar uang bergerak secara ekstrim dan tidak bisa diikuti dengan gampang dalam situasi normal.


Uang panas diberikan dengan margin bunga tinggi agar keuntungan investasi yang didapatkan pelakunya bisa berlimpah.


Dampak Negatif Uang Panas


Apanya jadinya bila transaksi uang panas dibebaskan dalam bursa ekonomi ? Akan ada kesulitan untuk melacak dana dan siapa orang yang terlibat dalam transaksi tersebut. Pelaku transaksi uang panas juga biasanya mengarah pada tindakan kriminal.


Mayoritas uang panas dimanfaatkan untuk transaksi benda/jasa melanggar hukum. Contohnya seperti membeli data ilegal. Pada akhy kehadiran uang panas akan merugikan masyarakat dan negara. 


Keberadaan uang panas sering ditemukan pada negara-negara miskin. Para pelaku uang panas secara tidak langsung mempertaruhkan kesejahteraan masyarakat miskin demi keuntungan pribadi.


Komitmen Pencegahan Uang Panas


Transaksi uang panas bisa diperkecil dengan memegang komitmen, baik komitmen untuk diri sendiri, komitmen untuk Tempat kerja, dan komitmen untuk negara. Kita harus aware dan mencek setiap transaksi yang kita lakukan, jangan ditemukan unsur uang panas.


Meskipun terkesan menggiurkan jangan sesekali menerima pemberian uang panas. Sesuai namanya, uang ini berasal dari sumber yang bermasalah. Tolak uang tersebut apabila ada yang menawarkan.


Undang Pemerintah Untuk Mencegah Uang Panas


Sudah banyak negara menerbitkan undang-undang untuk mencegah transaksi uang panas.  Pelaku kejahatan ini bukan hanya perorangan namun juga bisa berasal dari instansi. Dengan adanya undang-undang, uang panas tidak akan gampang beredar dalam bursa ekonomi.


Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh Dengan Istilah Uang Panas"