Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri Ekonomi Kreatif Lengkap dengan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

 Ciri-ciri Ekonomi Kreatif Lengkap dengan Artinya





Industri ekonomi bisa cepat maju salah satunya karena faktor kecanggihan teknologi. Teknologi yang terus berkembang ditambah dengan semakin aktifnya peran anak muda dalam kegiatan ekonomi. Dari sinilah istilah ekonomi kreatif muncul.


Ekonomi kreatif adalah istilah yang mulai lazim di era globalisasi ini. Di Indonesia sendiri istilah ini mulai diperkenalkan saat masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Untuk lebih dalam mengetahui tentang Ekonomi Kreatif simak uraian berikut ini:


Pengertian Ekonomi Kreatif


Menurut Undang-undang Nomor 24 Tahun 2019 ekonomi kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan teknologi.


Secara gampangnya ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi yang melibatkan unsur-unsur kreatif ( seni, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi).


Ciri-ciri Ekonomi Kreatif


Berasal dari kreativitas individu


Sesuai dengan istilahnya, ekonomi kreatif berasal dari kreativitas Individu. Hasil perkembangan dari industri kreatif sangat dipengaruhi oleh ide dan inovasi baru yang diciptakan oleh manusia.


Bisa disebarkan secara langsung dan tidak langsung


Perusahaan yang bergerak pada bidang industri kreatif, memiliki keleluasaan dalam segi distribusi. Distribusinya bisa dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Namun tetap perlu disesuaikan antara teknik distribusi dan jenis usaha yang dijalankan.


Distribusi yang tepat akan memberikan produk bisa tersampaikan pada pihak konsumen.


Bisa di ubah dengan mudah


Ciri ekonomi kreatif selanjutnya adalah produknya. Produk Ekonomi Kreatif bisa diubah bentuknya sesuai keinginan konsumen. Nilai fleksibilitas ini bisa meningkatkan kenyamanan konsumen. Alasannya karena mereka memiliki pilihan yang bebas dan bisa mendapatkan produk sesuai ekpektasinya. 


Cepat mengikuti trend


Kelebihan dari ekonomi kreatif adalah cepat dalam mengikuti trend. Produk-produk ekonomi kreatif bisa disesuaikan dengan fenomena yang digemari masyarakat. Ditambah dengan fleksibilitasnya yang tinggi, membuat banyak produk industri kreatif banyak digemari masyarakat.


Punya Nilai Budaya


Industri kreatif tidak bisa dilepaskan dari aspek budaya. Banyak produk industri kreatif menggunakan unsur-unsur budaya contohnya seperti: batik, tenun, kerajinan tangan, musik, film dan masih banyak lagi.


Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Ekonomi Kreatif Lengkap dengan Artinya"