Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Kesalahan Yang Membuat Bisnis Bangkrut

Daftar Isi [Tampil]

 Berbagai Kesalahan Yang Membuat Bisnis Bangkrut 




Tidak usah ditanyakan lagi pasti keinginan terbesar seseorang membuat bisnis adalah kesuksesan, bisnisnya maju berkembang pesat. Namun untuk mewujudkannya tidak segampang membalikkan telapak tangan. Bisa saja bisnis nampak maju di awal tapi seterusnya malah Bangkrut.


Alasan performa bisnis menurun karena banyak faktor mungkin karena turunnya kualitas produk, layanan tak memuaskan atau tidak efektifnya promosi:


Tidak Menjaga Kualitas Produk/ Jasa Yang Ditawarkan


Usaha yang menyepelekan soal kualitas produk akan menjadi Boomerang untuk usahanya tersebut. Meskipun pada awalnya banyak konsumen tetapi kualitas produk tidak pernah dikontrol ini akan menurunkan kepercayaan konsumen.


Pelanggan mungkin ada yang bertahan, tapi untuk menambah konsumen baru akan lebih sulit. Apalagi jika kompetitor menawarkan kualitas produk yang lebih baik.


Terlalu Mengikuti Pasar


Memang benar pada situasi tertentu mengikuti arus trend akan membuat bisnis semakin berkembang. Namun jika dilakukan terlalu sering akan membuat produk anda kehilangan jati diri. Karena anda meniru trend yang sudah dilakukan banyak orang.


Untuk bisa bertahan, sebuah bisnis perlu memiliki sebuah keunikan, agar membedakan dengan kompetitor lainnya.sebisa mungkin strategi bisnis harus seimbang antara mengikuti trend dan memunculkan keunikan sendiri.


Tidak melakukan Promosi Secara maksimal


Kesalahan yang perlu dihindari pebisnis agar usahanya tidak bangkrut adalah tidak melakukan promosi secara maksimal. Kasarnya bagaimana produk kita mau laku kalau nggak ada orang yang tahu. Promo adalah bagian yang penting dalam bisnis. Jangan terpaku dengan metode lama, kita juga harus beradaptasi dengan zaman dengan membuat promosi via platform digital.


Masih banyak ditemukan pebisnis hanya mengandalkan promosi seadanya dan memakai cara yang kuno. Alhasil perkembangan usaha jadi tak maksimal dan kalah saing dengan bisnis lain.


Menurunnya Kualitas Layanan


Kesalahan fatal yang bisa membuat bisnis bangkrut adalah menurunnya kualitas layanan. Misalnya slow respon saat konsumen bertanya, tidak ramah, atau kualitas packaging barang yang buruk.


Perlu diketahui kepuasan pelanggan bukan hanya dari produk, mereka juga mencari kualitas layanan. Ketika mereka merasa senang/puas dengan pelayanan kita, mereka berpeluang untuk jadi pembeli setia.


Waktu Operasional kerja tidak jelas


Kesalahan terakhir yang bisa jadi menghambat perkembangan bisnis adalah waktu operasional kerja yang tak jelas. Contohnya anda membuka toko sesuka-sukanya tidak ada patokan jam buka dan jam tutup. Waktu jam yang tidak jelas seperti ini, tentu membuat pelanggan kebingungan, bahkan mereka akan berpindah pada toko yang lain.

Posting Komentar untuk "Berbagai Kesalahan Yang Membuat Bisnis Bangkrut "