Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa Orang Jadi Korban Ojol Ilegal

Daftar Isi [Tampil]

 Alasan Kenapa Orang Jadi Korban Ojol Ilegal




Otoritas Jasa Keuangan sedang dipusingkan dengan banyaknya orang yang jadi korban pinjol ilegal. Dilansir dari beberapa survei ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal ini terjadi.


Menurut Friderica Widyasari Dewi selaku, Anggota Komisioner OJK bidang edukasi dan perlindungan konsumen, ia berpendapat bahwa penyebab masyarakat terjebak pinjol ilegal adalah masalah konsumeris. Contohnya membeli Handphone mahal untuk dipamerkan di media sosial.


10 Faktor yang membuat masyarakat terlilit Pinjol Ilegal


Menurut survei yang dilakukan No Limit Indonesia, ia adalah list penyebab terbanyaknya:


  • Membayar hutang kepada orang lain


Banyak masyarakat yang terpaksa meminjam pinjol untuk gali lubang tutup lubang, alias Membayar hutang pada orang lain. Pinjol Ilegal biasanya menjanjikan administrasi yang lebih mudah namun membebankan bunga yang tinggi.


  • Berasal dari ekonomi menengah ke bawah


Orang yang paling banyak menggunakan pinjol berasal dari kalangan menengah ke bawah. Mereka pada umumnya tidak berkecukupan dalam Financial untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pinjol Ilegal dianggap sebagai salah satu cara mudah untuk mendapatkan uang.


  • Uang cair Lebih cepat


Dibandingkan meminjam di bank, pinjol Ilegal menawarkan proses pencairan Lebih cepat dan persyaratan tidak ribet. Ini tentunya membuat masyarakat tertarik untuk menggunakannya. Padahal dibalik kemudahan itu, pinjol Ilegal bisa menjebak nasabahnya dengan menagih Menggunakan bunga besar dan sejenisnya.


  • Untuk gaya hidup


Trend yang terjadi di zaman sekarang, dimana banyak orang rela meminjam pinjol Ilegal untuk memenuhi kebutuhan hidup. Membeli smartphone/barang-barang mewah tanpa melihat kemampuan. Pinjol jadi solusi cepat dapat uang karena longgarnya persyaratan


  • Kebutuhan mendesak


Platform pinjol Ilegal biasanya menyasar orang-orang dengan kemampuan ekonomi rendah. Biasanya mereka perlu uang untuk keperluan mendesak seperti biaya perawatan rumah sakit atau membeli kebutuhan sehari-hari.


  • Literasi rendah


Masyarakat terjerat pinjol Ilegal karena literannya yang rendah. Masyarakat belum tahu betul bagaimana membedakan mana pinjol yang sudah teregister di OJK dan mana yang ilegal. Pinjol Ilegal bisa membuat membuat peraturan yang menguntungkan pihaknya sendiri.



  • Membayar Biaya sekolah


Biaya pendidikan yang tinggi membuat orang tua berpikir keras untuk mendapatkan uang, salah satunya dengan pinjol Ilegal. Meskipun berbunga besar, hal ini tetap dilakukan orang tua, karena pekerjaannya tidak mencukupi hasilnya.


Friderica Widyasari Dewi, juga menuturkan bahwa faktor dana cair lebih cepat menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh pinjol resmi, ini adalah tantangan yang harus bisa ditemukan solusinya, supaya masyarakat terlindungi dari platform pinjol Ilegal.


Masyarakat belum bisa membedakan Pinjol Resmi dan Ilegal


Banyak sekali masyarakat menanggung hutang dan tidak bisa membayar karena pinjol Ilegal menerapkan bunga tinggi dan tarif tambahan. Masalah minimnya literasi masyarakat soal pinjol ini bisa dikurangi, karena OJK sudah meluncurkan kontak hotline: 157 atau WhatsApp ke nomor: 081157157.  Masyarakat bisa menghubungi nomor tersebut untuk mendapatkan informasi tentang legalitas pinjol 



Posting Komentar untuk "Alasan Kenapa Orang Jadi Korban Ojol Ilegal"