Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Sukses Jualan Nasi Padang

Daftar Isi [Tampil]

 


5 Tips Sukses Jualan Nasi Padang




Bukan hal aneh kenapa kuliner nasi Padang bisa dijadikan sebuah bisnis menggiurkan. Lihat saja di sekeliling jalan, mall, dan area padat lainnya, pasti setidaknya kita akan menemukan penjual nasi Padang. Bisa dikatakan penjual nasi Padang 11 - 12 banyaknya dengan penjual nasi Tegal. Dengan situasi seperti tentunya membuktikan bahwa usaha nasi padang memiliki banyak peminatnya.


Dalam hal promosi, menu masakan Padang bisa bersaing dengan menu makanan lain seperti sate taichan, dimsum dan masakan modern lainnya.  Bahkan Nasi Padang daging rendang masuk dalam list masakan terlezat dunia versi CNN Internasional.


Lalu seperti tips sukses usaha nasi padang ? Simak uraian berikut ini:


Punya Resep Autentik Warisan Leluhur


Ini akan menjadi modal yang sangat bagus, bila anda punya resep nasi padang autentik dari leluhur. Nasi padang yang dikenal citarasanya yang kompleks. Termasuk masakan dengan resep dan pembuatan yang sulit. Ada beberapa bumbu yang kadang sulit didapat dipasar. Bila dimasak dengan alakadarnya, potensi rasa Nasi Padang tidak maksimal.


Sudah banyak pelaku usaha nasi Padang yang tetap mempertahankan resep asli dari leluhur, karena sudah teruji kelezatannya. Resep leluhur juga memberikan identitas tersendiri, yang tidak bisa ditemukan pada penjual nasi padang lain.


Memilih Bumbu Terbaik


Faktor kesuksesan bisnis nasi padang salah satunya adalah pemilihan bumbu. Bumbu yang bagus akan memperkaya citarasa dalam masakan.kalau perlu anda bisa mendatangkan bumbu langsung dari tanah Minang, agar nasi padang yang dibuat tetap terjaga keotentikannya.


Saat memasak anda perlu konsisten dalam Memilih porsi bumbu, ini dilaku agar rasa nasi Padang tetap terjaga. Perlu diingat bahwa nasi Padang adalah kuliner perlu ditonjolkan rasa dan aroma rempah didalamnya.


Punya koki yang jago memasak nasi Padang


Karena memasak nasi Padang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan perlu pengalaman, lebih baik anda memiliki chef yang jago untuk memasaknya.


Nasi padang harus dibuat dengan bumbu khusus, rempah-rempah yang langka didapatkan. Belum lagi dengan proses memasak yang perlu kesabaran. Oleh karena koki harus memiliki passion dan kesabaran dalam membuat nasi padang.


Bila anda memang punya pengalaman memasak nasi Padang itu lebih baik, karena tidak perlu meng-hire seorang koki.


Berikan Pelayanan semaksimal mungkin


Selain faktor masakan, usaha nasi Padang juga dipengaruhi oleh faktor pelayanan. Faktor ini akan menentukan apakah pelanggan mau kembali order atau tidak. Ada lho resto nasi padang meski mematok harga mahal tetap banyak pembelinya. Hal ini bisa terjadi karena pelayanan yang diberikan juga memuaskan.


Salah satu bentuk pelayanan yang disukai pelanggan adalah memasang muka ramah atau memberikan promo potongan harga.


Lakukan Inovasi


Tips terakhir sukses nasi padang adalah melakukan inovasi. Pebisnis kuliner harus melek dengan namanya " trend".  Dari trend kita bisa mengembangkannya jadi Inovasi yang diterapkan pada produk kita. Misalnya memadukan nasi Padang dan sate taichan dan sejenisnya. Inovasi membuat ketertarikan pelanggan semakin besar.

Posting Komentar untuk "5 Tips Sukses Jualan Nasi Padang"