Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Mindset Untuk Anda Yang Sulit Mengatur Keuangan

Daftar Isi [Tampil]

 5 Mindset Untuk Anda Yang Sulit Mengatur Keuangan



Punya kondisi finansial yang baik memang jadi dambaan banyak orang. Finansial yang baik akan berpengaruh pada hampir seluruh aspek kehidupan. Namun dalam kondisi tertentu mungkin kita tidak disiplin mengatur keuangan sehingga jadi boros.


Sebenarnya kalau mindset mengenai keuangan sudah baik, maka uang akan terkumpul dengan apa yang kita inginkan.


Sebenarnya mengatur mindset dalam keuangan itu seperti apa sih ? Simak uraian berikut ini:


Kontrol emosi dan utamakan hal logis


Problematika yang sering terjadi saat memanajemen keuangan adalah pengendalian emosi dan mengesampingkan logika. Banyak orang yang terjebak dalam masalah ini, sehingga sulit keluar dari masalah ekonomi.


Contohnya ketika kita sering gonta-ganti smartphone padahal tidak perlu, hal tersebut dilakukan semata-mata untuk mengikuti trend. Bahkan kita tetap melaksanakan hal tersebut padahal uang sedang menipis.


Selalu Catat Keperluan


Saat shopping kita mungkin sering membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Jika dibiasakan akan membuat pengeluaran membengkak.untuk menjawab masalah ini kita bisa membuat list. Catat barang yang diperlukan dan susun berdasarkan skala prioritas.


Implementasikan catatan tersebut ketika sedang berbelanja. Kuncinya adalah disiplin. Belilah barang yang ada di list dan sesuai kebutuhan.


Hilangkan Kebiasaan Buruk


Kebiasaan buruk yang berakibat pada borosnya pengeluaran juga perlu dihilangkan. Seperti menyalakan televisi, AC saat tidak dibutuhkan, Top up game hingga gonta-ganti smartphone. Kebiasaan-kebiasaan bisa membuat uang cepat habis.


Menghilangkan kebiasaan buruk memang dimulai dari diri sendiri. Kita harus meyakinkan diri untuk memulai kebiasaan baik mengenai manajemen uang, karena manfaatnya kembali pada diri sendiri.


Siapkan Dana Darurat


Ada kalanya kita akan menghadapi skenario tidak terduga dan mengharuskam kita untuk mengeluarkan uang. Sebagai langkah pencegahan, alangkah baiknya kita menyiapkan dana darurat. Nominal idealnya adalah 6 kali dari pengeluaran kita sebulan. Punya dana darurat menghindarkan kita dari jerat hutang.


Sisihkan uang secara disiplin setiap gajian, dan taruh pada tempat yang aman. Bisa juga dimasukkan dalam bank. Agar sewaktu-waktu kita butuh uang tersebut bisa dicairkan.


Jangan membandingkan diri dengan orang lain


Mindset ini juga perlu dilatih dalam manajemen keuangan. Kita jangan membandingkan diri dengan orang lain. Karena kemampuan masing-masing berbeda. Kita tidak merasakan apa yang dilakukan orang lain, dan orang lain tidak merasakan apa yang kita lakukan.


Lebih baik belajar bersyukur dan fokus untuk menambah skill. Karena hal tersebut akan membuat kita lebih tenang dan memiliki Value.


Posting Komentar untuk "5 Mindset Untuk Anda Yang Sulit Mengatur Keuangan"