Tips Jitu Agar Terus Closing di Tengah Krisis
Tips Jitu Agar Terus Closing di Tengah
Krisis – Krisis perekonomian global saat ini tentunya
mengakibatkan konsumen semakin menekan belanjanya. Sehingga, kondisi ini
menjadikan tantangan besar bagi para sales people yang berusaha untuk
melakukan aktivitas selling produk dan jasanya. Supaya dapat menaklukkan
tantangan tersebut, maka berikut ini adalah beberapa tips jitu dalam melakukan
selling agar terus closing di tengah krisis.
Jangan Stop Pemasaran
Kesalahan yang seringkali diperbuat oleh
pemasar ketika resesi adalah mereka menstop ataupun mengurangi pemasaran secara
signifikan. Sebagai akibatnya, setelah resesi selesai maka orang sudah lupa
terhadap brand mereka. Untuk tetap mempertahankan awareness pasar, maka
sebaiknya Anda tetap melakukan pemasaran, hanya saja, Anda harus lebih cerdik
untuk melakukan pemasaran yang efektif dan low-cost.
Mungkin Anda dapat mengurangi iklan di media
cetak ataupun elektronik, namun tetap lakukan pemasaran yang low-cost baik
kepada calon pelanggan maupun pelanggan lama. Misalnya, melalui blog, newsletter
rutin, sosial media, ataupun email. Iklan online, yang cenderung biayanya lebih
murah, kini semakin diminati di tengah kondisi resesi global. Jika Anda dapat
menampilkan iklan online yang menarik dan target pasarnya jelas, maka selling
akan tercipta secara otomatis.
Perluas Network
Konsumen di tengah krisis ini semakin menekan
belanjanya. Mereka umumnya cenderung untuk lebih memilih produk/jasa yang sudah
mereka percayai. Oleh karena itu, perluas network Anda, untuk berkenalan dan
menjalin hubungan dengan lebih banyak orang. Misalnya, dengan bergabung dengan
forum ataupun komunitas-komunitas tertentu.
Kadang, bisnis terjadi dari network yang
awalnya tidak kita perkirakan sama sekali. Oleh karena itu, jangan remehkan networking.
Dengan networking dan menjalin hubungan baik dengan banyak orang, Anda akan
memperoleh reputasi yang baik. Network Anda mungkin juga bisa bermanfaat untuk
mengenalkan orang yang bisa berbisnis dengan Anda, ataupun merekomendasikan
Anda kepada orang lain. Dan orang yang sudah dikenal dengan baik, tentunya
punya tingkat kepercayaan lebih tinggi.
Optimalkan Alat Promosi
Ketika krisis, tentunya sebagian besar orang
menekan pengeluarannya. Orang jadi lebih perhitungan dalam berbelanja. Oleh
karena itu, Anda harus mengoptimalkan alat promosi. Contohnya, Amazon yang
membuat keanggotaan Amazon Prime, dimana mereka mengenakan biaya pengiriman
yang murah untuk kurun waktu setahun, sehingga mendorong loyalitas dari
pelanggan. Atau, misalnya buat promosi seperti BUY 2 GET 1, pembelian minimal
sekian mendapatkan voucher sebesar sekian, dan sebagainya. Intinya, promosi
yang seakan menonjolkan penghematan namun berpotensi mengoptimalkan penjualan.
Demikian adalah beberapa tips jitu dalam
selling agar terus closing di tengah krisis. Intinya, tetap ciptakan awareness
terhadap brand Anda, perluas networking, serta optimalkan alat promosi Anda,
maka Anda akan dapat tetap mencetak penjualan yang solid di tengah krisis. Semoga bermanfaat dan salam sukses
selalu (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Tips Jitu Agar Terus Closing di Tengah Krisis"