Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Negoisasi Untuk Seorang Entrepreneur

Daftar Isi [Tampil]

 Manfaat Negoisasi Untuk Seorang Entrepreneur




Anda pasti pernah mendengar tentang istilah " Negosiasi" , ini merupakan istilah yang acap kali terdengar saat bersinggungan dengan topik bisnis entah pada koran, artikel, hingga video. Negosiasi sendiri memiliki pengertian sebuah metode untuk merundingkan keputusan yang disetujui oleh kedua belah pihak.


Sebenarnya Negoisasi terjadi setiap hari dalam kehidupan manusia contohnya saat aktivitas belanja di pasar, baik antara penjual dan pembeli bernegosiasi untuk mempersetujui harga barang/jasa.


Negosiasi juga penting untuk pebisnis, bahkan dikatakan sebagai skill wajib yang harus dipelajari.


Berikut ini adalah manfaat negosiasi untuk bisnis:


Mencapai Kesepakatan Bersama


Hal paling penting yang jadi alasan adanya negosiasi adalah untuk mengupayakan kesepakatan bersama antara kedua belah pihak. Ketika proses negosiasi, hendaknya dilakukan dengan transparan dan jujur. Karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan negosiasi.


Dalam negosiasi kita tidak hanya menyampaikan keinginan tapi juga harus mendengar keinginan dari pihak lain. Hindari sikap egoisme, karena hal tersebut akan menjauhkan dari win win solution.


Contoh penerapan negosiasi dalam bisnis bisa dilihat saat bertemulah penjual dan pembeli saat proses penawaran harga. Sebagai penjual, anda harus bisa mendorong pembeli untuk mau menyepakati harga yang anda inginkan tanpa unsur paksaan.


Menyelesaikan Konflik


Dalam dunia usaha yang namanya konflik bisa terjadi, karena setiap orang punya pikiran, sudut pandang dan kepentingan masing-masing. Munculnya konflik adalah hal yang wajar, dan yang paling adalah anda tahu cara mengatasinya.


Negosiasi adalah cara yang tepat untuk menyelesaikan konflik. Misalnya pada saat pelanggan komplain kualitas produk dengan bahasa yang kasar, sebagai penjual anda harus menahan emosi dan mencari jalan keluar. Arahkan pelanggan untuk duduk dan berdiskusi. Hal ini juga termasuk dalam bagian negosiasi yang perlu untuk dipelajari. Negosiasi bisa meredam emosi kedua belah pihak.


Menemukan Solusi


Negosiasi memang diharapkan untuk mencapai jalan tengah, kedua pihak diharapkan mendapat win win solution agar tidak ada yang merasa dirugikan pada satu pihak. Masalah kesalahpahaman dalam bisnis sangat bisa terjadi, seperti pelanggan komplain produk tidak disampai, pelanggan ingin refund uang dan sebagainya. Sebagai pengusaha anda jangan panik, anda bisa melakukan negosiasi untuk menemukan solusi.


Misalnya jika barang tidak kunjung datang, anda bisa jelaskan bahwa hal tersebut tanggung jawab kurir, jadi pelanggan tidak terjadi salah paham.






Posting Komentar untuk "Manfaat Negoisasi Untuk Seorang Entrepreneur"