Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Etika Pemasaran yang Perlu Dipegang Oleh Para Sales Marketing

Daftar Isi [Tampil]

 

Etika Pemasaran yang Perlu Dipegang Oleh Para Sales Marketing

Etika Pemasaran – Norma merupakan standar perilaku yang diharapkan dan dipelihara masyarakat atau organisasi profesional. Adapun nilai merupakan konsepsi kolektif masyarakat mengenai apa yang penting dan diinginkan sesuai moral yang tepat.

Nilai juga berfungsi sebagai kriteria untuk mengevaluasi tindakan-tindakan pribadi kita sendiri dan orang lain. Strategi komunikasi pemasaran selalu mengalami perubahan dari jaman-ke jaman. Mulai dari era media konvensional sampai era digital dengan hadirnya beragam bentuk sosial media.

Bentuk pesan komunikasi yang ingin disampaikan juga bervariatif dengan konsep ide yang tidak terduga, tetapi tidak boleh melupakan etika atau norma yang berlaku. Tidak dipungkiri media komunikasi telah berevolusi dengan cepat dan tumbuh lebih maju.

Namun, setiap marketing memiliki tanggung jawab moral yang tertanam hakiki di setiap manusia, yaitu etika. Etika bukan peraturan tertulis yang mengekang kreativitas para marketing dalam melakukan promosi yang begitu brilian. Tetapi, masalah etika ini lebih kepada tanggung jawab moral secara personal.

Sebagai tenaga sales Marketing, harus diakui bahwa kita tidak hanya melayani atas nama perusahaan, tetapi kita juga bertindak sebagai pelayan masyarakat dalam menciptakan, melaksanakan dan memfasilitasi transaksi  bisnis. Dalam perannya ini, seorang sales marketing diharapkan untuk memiliki norma-norma etika profesional dan nilai-nilai etis yang ditunjukkan oleh tanggung jawab kita, khususnya terhadap pelanggan atau masyarakat, pada umumnya.

Contoh yang kita sering temukan dalam kehidupan sehari-hari, produk yang ditawarkan disertai dengan janji manis atau keuntungan agar calon konsumen hanya memilih produk tersebut dan tidak melirik kepada produk merek lain, namun ternyata di belakangnya ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon konsumen. Misalnya promosi yang dilakukan dengan iming-iming “Beli 2 Gratis 1”, tapi hanya  berlaku pada jam 10.00 – 12.00.

Informasi tersebut yang dipandang menarik bagi konsumen dibesar-besarkan padahal informasi tersebut tidak berlaku universal dan selamanya. Konsumen, terutama yang terjebak mungkin saja menganggap ini penipuan terselubung dan akhirnya mereka cenderung tidak suka pada brand tertentu.

Oleh sebab itu, ada beberapa nilai etika pemasaran yang perlu diperhatikan oleh sales marketing dalam menawarkan produknya, antara lain :

1. Kejujuran

Sebagai marketing, kita harus memiliki kejujuran dalam berhubungan dengan customer dan harus:

a.      Berusaha untuk menjadi jujur pada setiap situasi dan kondisi

b.      Memberikan kontribusi terhadap efektivitas proses pertukaran serta menghindari penipuan dalam desain produk, harga, komunikasi, dan pengiriman/distribusi.

c.      Memenuhi nilai produk yang dijanjikan saat menawarkan produk

d.      Berdiri di belakang produk jika produk mereka gagal untuk memberikan manfaat sesuai yang dijanjikan

2. Tanggung Jawab

Sebagai sales marketing, kita harus menerima konsekuensi dan harus:

a.      Menghindari tindakan berbahaya atau kelalaian dalam mewujudkan standar etika yang tinggi serta mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku dalam pilihan yang kita buat.

b.      Mengupayakan melayani kebutuhan pelanggan

c.      Hindari penawaran dan penggunaan paksaan

d.      Mengakui adanya kewajiban sosial terhadap masyarakat

e.      Memiliki komitmen pelayanan terbaik

f.       Pertimbangkan kepedulian terhadap lingkungan dalam setiap kebijakan yang kita ambil

3. Respek

Sebagai marketing, kita harus menghargai pembeli dan harus:

a.      Mendengarkan kebutuhan pelanggan serta membuat semua upaya yang wajar untuk memantau dan meningkatkan kepuasan mereka secara berkelanjutan

b.      Melakukan segala upaya untuk memahami dan memperlakukan dengan hormat pembeli, karena pepatah katakan bahwa “Pembeli adalah Raja”

c.      Berusaha untuk melindungi informasi pribadi/rahasia dari pelanggan, karyawan dan mitra

4. Transparansi

Sebagai marketing, kita harus memiliki semangat keterbukaan dalam melakukan pemasaran dan harus:

a.      Mengupayakan untuk berkomunikasi dengan jelas kepada para customer

b.      Menerima kritik dan saran yang membangun dari pelanggan, pimpinan atau rekan kerja kita

c.      Jelaskan dan tentukan aksi yang tepat mengenai risiko produk atau layanan, yang dapat mempengaruhi persepsi pelanggan yang membeli produk kita. Mengungkapkan daftar harga dan persyaratan pembiayaan sesuai harga yang tersedia

Dalam hal ini tampak etika merupakan sisi yang paling berperan untuk mempengaruhi keputusan konsumen memilih produk yang ditawarkan, bahkan mereka pun bersedia membayar produk yang mereka inginkan dengan biaya yang amat tinggi. Selanjutnya, brand perlu memperhatikan apakah strategi promosi yang dilakukan sudah benar atau tidak menurut norma yang berlaku dan bagaimana pesan komunikasi yang akan mereka sampaikan mengenai brand tersebut.

Jadi bukan hanya memperhatikan cara marketing menawarkan produknya tapi bentuk promosi yang dilakukan harus  memiliki etika. Etika sangat berperan dalam brand yang pada akhirnya menjadi kekuatan perusahaan dalam persaingan global.

So, sebagai marketing professional, kita harus mematuhi nilai etika pemasaran atau norma-norma umum yang berlaku untuk mencapai target pemasaran. Salam suskses selalu (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Etika Pemasaran yang Perlu Dipegang Oleh Para Sales Marketing"