Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Supplier ? Cari Tahu Lebih Dalam Di Sini

Daftar Isi [Tampil]

 Apa itu Supplier ? Cari Tahu Lebih Dalam Di Sini




Dalam menjalankan sebuah usaha tanpa membuat produk sendiri, perusahaan butuh pihak yang bernama Supplier. Supplier adalah pihak yang memasok barang yang perannya sangat vital dalam operasional bisnis. Contoh, bila anda penjual Ayam Geprek tentunya anda perlu bekerjasama dengan supplier untuk mendapatkan stock daging, sayuran dan sebagainya.


Tentunya memiliki supplier yang bagus agar proses produksi produk anda juga lancar.


Definisi Supplier


Supplier bisa perorangan atau bisnis yang mempunyai barang untuk didistribusikan ke perorangan atau bisnis lainnya. Misalnya pengusaha bakery, untuk mendapatkan bahan-bahan seperti gandum, telur, coklat dan sebagainya, mereka perlu Supplier untuk menyediakan bahan tersebut. Hal tersebut berlaku pula pada bisnis lainnya.


Supplier adalah bagian tak terpisahkan dari bisnis, perannya dalam perputaran produk sangat dibutuhkan industri. Supplier vital perannya untuk menjaga perputaran produksi barang. Oleh karena itu setiap bisnis harus menjaga hubungan dengan supplier, agar Produksinya tetap lancar.


Perbedaan Supplier dan Vendor


Vendor dan Supplier sama-sama berperan dalam hal supply barang. Namun keduanya itu berbeda. Supplier adalah pihak yang memasok barang mentah untuk disalurkan pada perusahaan lain untuk diolah lagi menjadi bahan setengah jadi hingga jadi dan kemudian dijual kepada konsumen.


Hal ini berbeda dengan vendor, mereka adalah pihak yang membeli barang kemudian barang tersebut dijual lagi. Vendor biasanya adalah penerima barang terakhir sebelum konsumen.


Peranan Supplier


Supplier merupakan bagian yang menjaga jalannya siklus hidup produk. Siklus hidup produk adalah waktu yang diperlukan dalam pembuatan produk hingga didistribusikan di pasaran.  Baik perusahaan berskala mikro dan makro memiliki timeline siklus hidup produk sendiri-sendiri.


Tugas-tugas lain dari supplier sebagai berikut:


-Memastikan ketersediaan bahan yang dibutuhkan perusahaan mitra

-Menjaga Kualitas bahan baku tetap aman hingga sampai ke tangan mitra

-Menyimpan bahan baku dalam tempat yang aman

-Mengirimkan bahan pada alamat perusahaan mitra.


Jenis-Jenis Supplier

 Supplier terbagi jadi 2, Yaitu Supplier barang dan Supplier jasa. Perbedaannya adalah supplier jasa memasok barang fisik seperti daging, sayur, kayu dan sejenisnya. Sedangkan Supplier jasa memasok produk dalam bentuk jasa.contohnya supplier aplikasi kasir



Posting Komentar untuk "Apa itu Supplier ? Cari Tahu Lebih Dalam Di Sini"