Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Leadership ? Manfaat dan Cara Mengasahnya

Daftar Isi [Tampil]

 Apa Itu Leadership ? Manfaat dan Cara Mengasahnya 




Leadership berasal dari rumpun bahasa Inggris yang berarti "kepemimpinan" . Pengertian lebih lengkapnya menurut majalah Forbes adalah proses mempengaruhi sosial dengan melibatkan usaha orang lain demi mencapai sebuah tujuan.


Memang istilah leadership ini sering dihubungkan dengan jabatan tinggi perusahaan semisal supervisor, manager atau CEO, padahal untuk jadi pemimpin tidak mesti berada dalam posisi tersebut. Ada lho orang yang jabatannya tidak terlalu tinggi tapi memiliki kepemimpinan bagus sehingga berperan besar dalam perusahaan.


Manfaat Leadership


Leadership seyogyanya harus dimiliki setiap orang termasuk untuk orang yang bekerja bagi karyawan. Dengan kepemimpinan kita akan tahu tupoksi dari pekerjaan yang dijalankan. Kita bisa memimpin diri sendiri untuk disiplin menjalankan tugas. Apabila mental leadership sudah dimiliki semua anggota perusahaan ini akan jadi modal yang bagus agar perusahaan cepat berkembang.


Ketika sebuah perusahaan memiliki tenaga kerja yang banyak, naluri leadership sangat penting dimiliki oleh jabatan tinggi seperti manajer, supervisor dan CEO agar bisa mengarahkan karyawan secara baik.


Karakteristik Leadership


Setelah tadi membahas tentang pengertian dan manfaat kepemimpinan, lalu muncul pertanyaan bagaimana sih karakteristiknya ? . Memang ada poin yang bisa jadi nilai ukur leadership dari seseorang. Seperti:


  1. Bijaksana

Seorang pemimpin harus bijak, mampu menggunakan akal dan perasaannya secara seimbang dalam pengambilan keputusan. Bisa melihat dari sudut pandang yang luas. Bisa mengambil keputusan terbaik baik dari sisi perusahaan dan dari sisi pekerja itu sendiri.


  1. Jiwa sosial tinggi

Seorang pemimpin tidak hanya dituntut jago mengambil keputusan tapi juga harus memiliki jiwa sosial yang tinggi. Peduli dengan keadaan bawahannya. Dan rela membantu mereka keluar dari masalah. Pemimpin yang seperti tentu akan sangat dihormati.


  1. Punya keberanian

Karakteristik leadership selanjutnya yang perlu dimiliki adalah keberanian. Pemimpin adalah seorang yang diberi wewenang memutuskan kemana arah perusahaan berjalan. Dan hal tersebut hanya bisa dilakukan dengan keberanian.


  1. Tegas

Karakteristik urgen yang harus dimiliki pemimpin adalah tegas. Tegas dalam menentukan pilihan, menjalankan aturan serta menerapkan hukum yang ada dalam perusahaan. Dengan ketegangan, perusahaan akan lebih berprogres.


Cara Memunculkan jiwa leadership


Disiplin


Leadership akan selalu berelevansi dengan yang namanya kedisiplinan. Langkah bisa dimulai dengan belajar memimpin diri sendiri, kemudian belajar menaati setiap peraturan yang ada dalam perusahaan. 


Seorang yang disiplin adalah orang yang berhasil mengendalikan diri. Dalam kehidupan kantor, orang-orang disiplin akan lebih mudah mendapatkan kenaikan jabatan.


Attitude


Leadership bisa dilatih apabila seseorang memiliki attitude. Tidak perlu ahli dalam semua hal tapi fokus pada yang kita kuasai dan perbaiki Tingkah laku. Pemimpin berattitude akan berfikir ulang untuk melakukan kesewenangan seperti korupsi dan menyalah gunakan jabatan.



Posting Komentar untuk "Apa Itu Leadership ? Manfaat dan Cara Mengasahnya "