Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anggaran Yang Wajib Ada Saat Buka Usaha Jasa

Daftar Isi [Tampil]

 Anggaran Yang Wajib Ada Saat Buka Usaha Jasa




Sebelum memulai membuka sebuah bisnis, kesiapan mengenai dana memang harus dipersiapkan secara matang. Rancangan mengenai anggaran harus dilakukan agar meminimalisir resiko kerugian dikemudian hari.


Anggaran adalah perencanaan mengenai modal yang kira-kira akan dikeluarkan selama berjalannya usaha. Lalu ada berapa jenis-jenis anggaran tersebut, simak ulasan berikut ini:


Anggaran Pengeluaran Modal


Anggaran pengeluaran modal merupakan perkiraan modal yang akan dikeluarkan dalam periode tertentu. Jenis anggaran ini juga dibuat berdasarkan data anggaran penjualan. Selanjutnya anggaran pengeluaran modal akan dijadikan dasar anggaran kas, overhead dan tanggungan diluar produksi.


Anggaran Kas perusahaan


Jenis anggaran ini menitikberatkan pada perkiraan keluar masuknya uang perusahaan dalam satu periode. Anggaran kas perusahaan didasarkan dari data anggaran operasi dan pengeluaran modal.


Anggaran kas perusahaan bisa digunakan untuk memonitor kas liquid perusahaan, menilai efisiensi anggaran keseluruhan dan menghitung keuntungan.


Anggaran Tenaga Kerja Langsung


Anggaran ini dipakai untuk pembayaran tenaga kerja dalam masa tertentu. Untuk menghitungnya ada 2 cara yaitu berdasarkan upah perjam atau upah per produk pengerjaan. Anggaran ini baru keluar setelah pekerja menyelesaikan kewajibannya.


Anggaran Tenaga Kerja nantinya akan jadi dasar untuk menyusun anggaran laba rugi dan kas perusahaan.


Anggaran Beban Langsung Pelatihan


Ini merupakan jenis yang kegunaannya untuk membiayai segala yang berhubungan dengan pelatihan yang dilakukan oleh karyawan. Jika berjalan efektif, anggaran Beban langsung pelatihan bisa meningkatkan keuntungan perusahaan.


Anggaran Beban Tidak Langsung Pelatihan


Anggaran ini juga dikeluarkan untuk kepentingan pelatihan, namun memukul mekanisme yang tidak langsung. Ciri dari anggaran ini biasanya sulit diprediksi sebelum pelatihan terlaksana.


Anggaran Penjualan Perusahaan Jasa


Sales budget berisikan anggaran untuk merencanakan penjualan perusahaan pada masa yang akan datang. Informasi dalam anggaran ini sepertinya: nama, jenis, harga, ketersediaan, periode dan lokasi produk. 


Anggaran penjualan perusahaan jasa lebih fokus pada jumlah produk terjual dan harganya.


Anggaran Overhead


Perusahaan harus menyiapkan biaya overhead untuk mengatasi masalah mengenai biaya tambahan, misalnya untuk membayar bahan tambahan, peralatan tambahan, asuransi, pajak dan biaya perbaikan.


Anggaran Overhead diperlukan saat kondisi diperlukan.



Posting Komentar untuk "Anggaran Yang Wajib Ada Saat Buka Usaha Jasa"