Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan-alasan kenapa Bisnis F&B Perlu Aplikasi Akuntansi

Daftar Isi [Tampil]

 Alasan-alasan kenapa Bisnis F&B Perlu Aplikasi Akuntansi





Bisnis Food & Baverages memang dikenal menggiurkan. Modalnya bisa disesuaikan dengan kemampuan, selain itu bisnis ini dikenal sebagai bisnis abadi yang akan selalu ada peminatnya. Namun perlu digarisbawahi bahwa bahwa bisnis berbau kuliner memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Oleh karena itu pengusaha harus pintar-pintar mengelola bisnis termasuk dalam hal keuangan.


Bisnis Food & Baverages memerlukan aplikasi pencatatan keuangan ( Akutansi). Manfaatnya tentu sangat bagus utamanya meminimalkan resiko bangkrut.


Untuk lebih lengkapnya mengenai alasan kenapa bisnis kuliner perlu aplikasi akuntansi, simak uraian berikut ini:


Mengontrol Persediaan


Usaha yang merintis di bidang F&B tentu harus memiliki persediaan bahan baku yang memadai. Selain itu bahan baku yang kebanyakan berupa daging, sayuran dan bumbu, rata-rata memiliki daya tahan yang sebentar.


Stock bahan baku bisnis kuliner harus berada dalam proporsi tepat. Jangan terlalu banyak karena membuat pemborosan moda tapi juga tidak boleh terlalu sedikit karena menganggu produksi.


Masalah tersebut sangat bisa diatasi dengan aplikasi akuntansi, karena memiliki fitur inventori yang bisa digunakan untuk mencatat keluar/masuk bahan baku secara real-time.


Laporan Transaksi


Memang benar mencatat arus keluar masuk uang/barang bisa dilalui secara manual, tapi cara tersebut kurang efektif karena memerlukan waktu yang lebih lama dan resiko " Human Error " sangat bisa terjadi. Akan lebih gampang bila memakai aplikasi akuntansi yang bekerja secara otomatis dan akurat.


Aplikasi akuntansi sudah memiliki algoritma canggih, yang memungkinkan setiap pencatatan keuangan secara cepat dan langsung terintegrasi dalam sebuah sistem database. Tentunya resiko seperti keliru menghitung uang bisa dikurangi.


Bisa Membuat Cost Of Good Sales


Dalam Ilmu akuntansi terdapat istilah HPP yang merupakan singkatan dari Harga Pokok Produksi. Pencatatan HPP sangat berpengaruh utamanya pada biaya dan penjualan dalam bisnis Food Baverages.


Gampang HPP adalah biaya yang dikeluarkan untuk membuat sebuah produk hingga dijual kepada pelanggan. Pencatatan HPP sangat bisa dilakukan dengan bantuan Aplikasi Akuntansi. Proses penghitungan bisa membantu pengusaha untuk menentukan harga yang tepat dari produknya.


Aplikasi Akuntansi  juga mampu membuat laporan perhitungan laba dan rugi dalam media waktu tertentu.


Budgeting


Hal yang menjadi alasan terakhir kenapa aplikasi akuntansi harus diterapkan oleh bisnis R&B adalah bisa membantu budgeting. Pengusaha jadi lebih tahu tentang seberapa banyak modal yang perlu dikeluarkan untuk menjalankan usahanya.


Anggaran bisa dalam periode waktu tertentu, agar laporan keuangan bisa tersusun lebih rapi. Jika memiliki dana sisa, bisa dialokasikan pada sektor-sektor yang diperlukan misalnya memperbaharui peralatan masak.

Semoga sukses selalu (bisnisan.id).

 


Posting Komentar untuk "Alasan-alasan kenapa Bisnis F&B Perlu Aplikasi Akuntansi"