Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Pembukuan Keuangan Rapi dan Bermanfaat

Daftar Isi [Tampil]

 

Agar Pembukuan Keuangan Rapi dan Bermanfaat

Agar Pembukuan Keuangan Rapi dan Bermanfaat - Pembukuan keuangan menjadi hal yang sulit untuk dijalankan pelaku usaha terutama UKM. Padahal pelaku usaha jika ditanyakan tentang pembukuan keuangan mereka setuju bahwa hal tersebut mutlak diperlukan untuk menjaga perputaran kekayaan perusahaan. Namun mereka banyak yang belum melakukannya dengan alasan tidak ada tenaga akuntansi, tidak ada yang mengurus masalah keuangan, atau lain sebagainya.

Sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk melakukan pembukuan bahkan tanpa harus belajar akuntansi sekalipun. Berikut 2 Hal yang harus dilakukan agar pembukuan keuangan tetap rapi dan tentunya bermanfaat dalam pengambilan keputusan keuangan.

Catat Transaksi Akrual

Sering pelaku bisnis dalam katagori UKM hanya memperhatikan dan mencatat kas masuk dan kas keluar saja. memang dalam sebuah bisnis  yang terpenting adalah arus. Namun jangan pernah mengabaikan pencatatan akrual walaupun belum dalam bentuk kas. hal ini penting untuk bisa memprediksikan arus kas dimasa akan datang.

Bisnis haru mencatat tagihan yang akan diterima di masa akan datang, hutang yang harus dibayar. Selain itu pencatatan juga harus melakukan pencatatan terhadap pemanfaatan aset (penyusutan) hal ini untuk mengetahui nilai pakai yang masih tersisa dari aset tersebut.

Susun Anggaran 

Anggaran merupakan perencanaan keuangan untuk masa akan datang. Anggaran dibuat dengan tujuan perusahaan mempunyai gambaran secara menyeluruh tentang kondisi keuangan dimasa akan datang.

Nilai penjualan yang harus didapat, pos pengeluaran yang harus dibiaya, posisi keuangan di akhir periode semua akan tergambar secara komprehensif dalam sebuah anggaran. Selain itu anggaran menjadi acuan bagi kegiatan keuangan dengan kata lain anggaran dapat digunakan sebagai alat kontrol aktivitas aktual. Mana yang harus didahulukan, mana yang harus diefisiensikan mana yang harus dikejar realisasinya dapat ditentukan dengan berpatokan pada anggaran.

Agar pembukuan keuangan rapi dan bermanfaat maka setiap pengusaha wajib memperhatikan dua hal penting di atas. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Agar Pembukuan Keuangan Rapi dan Bermanfaat"