Strategi Iklan Radio Agar Efektif dan Menjual
Strategi Iklan Radio Agar Efektif dan Menjual - Iklan radio
sering disebut sebagai anak tiri di industri, walaupun sudah banyak yang beralih ke radio
digital. Kebanyakan kreatif, dan lembaga secara umum, akan
bekerja pada sesuatu yang glamor, seperti televisi, outdoor, gerilya atau
print.
Bila radio dilakukan dengan benar
adalah media iklan yang luar biasa yang benar-benar menangkap
imajinasi, membangun merek dan mengarah ke penjualan. Berikut adalah beberapa
petunjuk untuk membantu Anda mencapai kesuksesan radio.
1. Tahu Produk atau Jasa Inside-Out
Ini berlaku untuk media apa pun, tetapi
terutama berlaku untuk radio. Anda tidak memiliki visual untuk membantu Anda
melakukan penjualan, seperti di TV, sehingga Anda perlu tahu semua yang Anda
dapat tentang subjek Anda. Apa yang dilakukannya? Apa seluk beluk dari produk
atau jasa? Apa satu hal yang menonjol? Bila Anda memiliki pemahaman yang
lengkap dari itu, mulailah berpikir.
2. Apakah Idenya?
Fokus adalah kunci yang baik untuk radio. Ini
bukan waktu atau tempat untuk memulai melemparkan lima atau enam ide yang
berbeda pada pendengar dengan harapan bahwa mereka akan menangkap semua ide.
Sebagian besar, orang mendengarkan radio ketika mereka sedang mengemudi,
sehingga perhatian mereka sudah didedikasikan untuk jalan. Menangkap apa yang
tersisa tidak akan mudah, sehingga fokus pada usaha Anda pada satu gagasan besar,
berani yang akan membuat mereka mendengarkan dan mengingat pesan Anda.
3. Gunakan Efek Khusus dalam Anggaran terbatas Anda
Tunggu, itu bisa saja tidak benar kan? Radio
itu selalu memiliki anggaran produksi. Yah, tetapi Anda akan kagum pada apa
efek Anda dapat menyulap dalam pikiran khalayak sasaran dengan menekan beberapa
tombol. Anda dapat melukis gambar terbesar yang dibayangkan. Jika anda ingin
segerombolan cyborg merayap melintasi gurun dari pasca-apokaliptik Amerika,
pergi ke depan. Pendengar melakukan kerja keras dan menciptakan adegan, Anda
hanya perlu mengarahkan mereka ke arah yang benar.
4. Jangan merasa Wajib Untuk Tongkat Untuk Ide kampanye
Kaku
Apakah saya memberitahukan untuk melupakan ide
dan hanya menulis sesuatu? Tidak. Tidak sepenuhnya. Tetapi di radio, Anda
memiliki banyak cacat yang membuatnya sulit untuk mengikuti kampanye yang telah
Anda buat untuk cetak, brosur, web, outdoor, dan TV. Anda tidak memiliki isyarat
visual, terutama di hari ini dan lelucon visual.
Jadi, mengambil beberapa kebebasan dengan
kampanye Anda. Ini adalah kesempatan Anda untuk keluar dari struktur dan
membuat spot radio yang bekerja. Ya, itu harus mengikat, tetapi tidak
membuat anda mencari cara untuk mengekspresikan melalui suara yang hanya benar-benar
dikomunikasikan menggunakan visual.
5. Humor Benar-Benar Bekerja. Jangan menggunakan Sirene
Polisi
Radio adalah media yang sempurna untuk komedi,
yang mengapa begitu banyak komedian di Inggris bisa mulai dari radio. Komedi
juga merupakan cara untuk membuat sesuatu yang mudah diingat. Jadi, jika Anda
dapat menggunakan humor (mungkin bukan ide yang baik untuk rumah pemakaman atau
investasi bankir) maka Anda harus menggunakannya.
Di sisi lain, hindari efek suara yang meniru
pemadam kebakaran, polisi atau apa pun yang membuat pendengar radio menjadi sangat
bingung. Orang-orang di jalan tidak perlu jenis gangguan, sehingga melakukannya dengan
nikmat dan menghindari efek.
6. Hindari Iklan itu butuh Jargon hukum berlebihan
Jika Anda memiliki produk atau jasa yang
memerlukan solilokui kecil dari seseorang pengacara, Anda harus berpikir
tentang iklan di media yang berbeda. Dan jika Anda telah membuat sebuah ide
yang membawa isu-isu hukum, memikirkan itu. itu merupakan omong kosong di akhir
dapat membatalkan semua kerja keras di tempat awal, dan karena itu sangat sulit
dipahami, banyak orang berpikir Anda menyembunyikan sesuatu. Dan itu gilirannya
berarti Anda memiliki masalah kepercayaan.
7. Jangan ulangi Nomor Telefon Berulang
Telfon 021-123-4567, sekali lagi 021-123-4567,
di ulangi kembali 021-123-4567, terakhir 021-123-4567
Anda mendapatkan gambaran. Tidak ada gunanya
dalam mengulang seperti ini. Kebanyakan klien berpikir bahwa jika Anda
mengulangi nomor telfon Anda, Anda ingin meningkatkan penjualan Anda. Nah,
bertanya kepada diri Anda. Jika seseorang yang Anda tidak suka mendatangi Anda
dan memberikan Anda nomor telepon berulang kali , akankah Anda menelpon? Di
sisi lain, jika seseorang lucu, menarik, cantik atau kombinasi dari semuanya,
dan mereka memberikan nomor telepon hanya sekali, akankah Anda telepon? Tentu
saja.
Menarik perhatian mereka, membuat mereka ingin
mengetahui lebih banyak, dan jika Anda telah membeli space iklan yang cukup,
maka audiens Anda akan mencatat nomor dengan mendengar iklan selanjutnya. Tapi
jujur saja, di hari ini dan jaman sekarang, pendengar akan mencari tahu melalui
internet ketika mereka bekerja atau pulang kerja. (bisnisan.id)
Posting Komentar untuk "Strategi Iklan Radio Agar Efektif dan Menjual"