Segmentasi Pasar dalam Komunikasi Pemasaran
Segmentasi
Pasar dalam Komunikasi Pemasaran - Pasar bisa dibagi-bagi menjadi segmen-segmen pasar, niches (suatu
segmen/ kelompok pasar yang sangat kecil/spesifik) dan pada akhirnya individu
(hanya melibatkan satu pihak). Segmen pasar adalah suatu kelompok konsumen yang
bisa dikenali di suatu pasar, seperti pembeli mobil yang menginginkan alat
transportasi standar saja, pembeli mobil yang mencari mobil dengan performa
tinggi, atau pembeli mobil yang membutuhkan mobil yang aman dikendarai.
Segmen pasar juga bisa dibagi berdasarkan
faktor demografis, misalnya segmen wanita dan pria. Segmen anak-anak, remaja,
dan dewasa. Segmen keluarga baru dan keluarga yang sudah matang.
Segmen niche adalah suatu
kelompok yang sudah dipersempit, yang mempunyai kebutuhan yang sangat spesifik.
Semakin dalam para pemasar membagi suatu pasar berdasarkan beberapa variabel
dan karakteristik yang ada, segmen-segmen akan menjadi semakin niche.
Misalnya segmen keluarga baru di kota untuk mobil, maka kebutuhan mobilnya
mengarah ke mobil yang berukuran kecil dengan 4 sampai 5 penumpang saja.
Konsumen keluarga yang sudah 10 tahun menikah akan berbeda lagi preferensi
mobilnya, mereka butuh mobil yang agak besar dengan penumpang 7 orang.
Segmentasi dan
Kompetisi
Semakin besar/umum segmen pasar, semakin
banyak pula menarik kompetitor lain untuk masuk. Sebaliknya, bila segmen pasar
semakin niche atau semakin spesifik, maka hanya menarik satu
atau sedikit kompetitor saja. Para perusahaan dan pemasar yang memahami dan
bergerak dalam pasar yang sangat niche, umumnya sangat mengerti dan
bisa memenuhi kebutuhan pelanggan mereka dengan sangat baik, sehingga para
pelanggan bahkan rela membayar dengan harga premium.
Sebagai contoh, Porcshe bisa menjual
mobil-mobilnya dengan harga tinggi karena para pelanggan setianya merasa bahwa
tidak ada perusahaan mobil lain yang mampu menawarkan produk/jasa/membership seperti
yang dikemas Porsche.
Segmentasi dan
Komunikasi Pemasaran
Suatu segmen pasar niche yang
menarik haruslah mempunyai kelompok konsumen yang memiliki kebutuhan yang
sangat spesifik serta bisa membayar dengan harga premium untuk produk/jasa
tersebut karena perusahaan bisa memuaskan kebutuhan mereka dengan baik.
Para pemasarnya perlu menyusun
program pemasaran yang khusus/disesuaikan untuk menyasar pasar niche tersebut,
dan tidak mudah untuk ditiru oleh para pesaingnya.
Semakin banyak perusahaan kini mengarah ke niche
marketing. Marriott kini menawarkan Hotel Marriott, Hotel Suite Marriott,
penginapan, Marriott Courtyard dan Fairfield Inns, yang
masing-masing ditargetkan untuk kelompok/segmen pasar yang berbeda.
American Express tidak hanya menawarkan green
cards, tapi juga gold cards, corporate cards dan
bahkan platinum cards. Nike membuat sepatu olahraga yang berbeda
untuk setiap kegiatan olahraga yang berbeda, seperti jogging, basket, tenis,
sepak bola, dan lain-lain. Menurut pengamatan agensi periklanan, lebih baik
memiliki produk yang sangat disukai, walaupun oleh hanya sedikit pelanggan.
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang apa
itu segmentasi pasar, bagaimana melayaninya, serta bagaimana menerapkan
segmentasi pasar dalam komunikasi pemasaran. Semoga bermanfaat dan salam sukses
selalu (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Segmentasi Pasar dalam Komunikasi Pemasaran"