Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Arahan Pimpinan Kepada Bawahan

Daftar Isi [Tampil]

 

Pentingnya Arahan Pimpinan Kepada Bawahan

Pentingnya Arahan Pimpinan Kepada Bawahan - Keberhasilan suatu perusahaan dimulai dari arahan seorang pemimpin.  Jadi seorang pemimpin harus memiliki banyak motivasi , strategi, dan visi yang jelas, supaya apa yang menjadi tujuan perusahaan dapat berhasil.

Dan keberhasilan seorang pemimpin tidak terlepas untuk selalu mau belajar dan bertumbuh, maka izinkanlah saya untuk memberikan saran supaya seorang pemimpin dapat selalu berhasil di dalam kepempinannya :

1. Investasikanlah dalam diri Anda sendiri lebih dahulu

Kebanyakan pemimpin adalah ingin menumbuhkan bisnis atau organisasinya, entah itu pertumbuhan  organisasi / perusahaan itu sendiri ? Pertumbuhan orang-orang yang ada di dalam organisasi / perusahaan ? Selama orang-orang mengikuti anda, meraka akan mampu pergi hanya sejauh yang anda tempuh.

Jika anda tidak bertumbuh, maka mereka tidak bertumbuh, entah begitu atau mereka yang akan keluar dan pergi ke tempat dimana mereka dapat tertumbuh. Mungkin kedengarannya sangat egois investasi didalam diri sendiri, karena banyak orang tidak mengerti mengenai pertumbuhan di dalam bekerja. Karena kehidupan orang –orang yang mengikuti pemimpin ada di dalam kepemimpinan kita.

Coba lihat kehidupan sekeliling kita, bukankah anak-anak menjadi lebih baik, ketika orang tuanya  menjadi lebih baik, seorang karyawan menjadi lebih baik, kalau perusahaannya menjadi lebih baik, murid menjadi lebih baik karena guru mereka menjadi lebih baik, pelanggan menjadi lebih baik karena wiraniaga menjadi lebih baik. Begitu juga pengikut akan menjadi lebih baik kalau pemimpin  mereka menjadi lebih baik. 

Presiden Harry Truman berkata “ anda tidak dapat memimpin orang lain sebelum anda lebih dahulu memimpin diri sendiri “ jika anda mau memimpin, anda harus belajar . Jika anda  mau terus memimpin, anda harus terus belajar.

2. Teruslah Menjadi Pembelajar

Ketika seseorang mencapai suatu posisi dan tingkat yang sudah dicapai, pastilah ada godaan untuk mengendur. Itulah tempat yang paling berbahaya untuk di singgahi. Rick Warren, penulis buku the purpose driven life mengatakan “   saat anda berhenti belajar adalah saat anda berhenti memimpin “ satu lagi di dalam buku winning with people menuliskan suat prinsip belajar  yang mengatakan “ semua orang yang kita jumpa mempunyai potensi untuk mengajarkan sesuatu kepada kita”..

jadilah teruslah untuk mau belajar sesuatu yang baru entah dari buku yang kita baca setiap hari, dari lagu yang kita dengar, suatu hal yang kita lihat datu dari  orang yang kita jumpai pada hari itu.

3. Ciptakan lingkungan pertumbuhan bagi orang yang anda pimpin

Karena pengikut akan merasa bertumbuh kalau pemimpin mereka dapat memotivasi , memberikan arahan , strategi dan hal-hal yang positif bagi diri mereka dan juga perusahaan dimana mereka bekerja, karena tidak semua pengikut memiliki kemampuan atau karakter yang sama. Oleh sebab itu marilah ciptakan lingkungan yang baik untuk semua orang yang anda pimpin bertumbuh.


Itulah pentingnya arahan pimpinan kepada bawahan yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Pentingnya Arahan Pimpinan Kepada Bawahan"