Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Marketing 101: Strategi Personalized Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Daftar Isi [Tampil]

 Marketing 101: Strategi Personalized Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan




Anda sudah melakukan berbagai metode agar Penjualan laris namun berbuah maksimal, bahkan mungkin anda sudah mengeluarkan banyak modal untuk promosi ?, Masalahnya mungkin terletak pada cara promosi yang kurang tepat. Anda harus mulai memikirkan cara mendekati calon konsumen dengan langkah yang lebih intim.


Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi Personalized Marketing. Dengan cara ini, peluang untuk lebih dekat dengan pelanggan akan lebih gampang.


Untuk caranya silahkan simak yang satu ini:


Persiapkan Tools Personalized Marketing


Ada beberapa tools yang bisa mendukung kegiatan promosi secara " Personalized" seperti aplikasi tracking pixels. Aplikasi ini biasa diletakkan pada halaman web, email dan media periklanan lain. 


Aplikasi tracking pixels bisa memberikan data mengenai interaksi konsumen dengan produk. Misalnya data mengenai produk apa yang memiliki tingkat kunjungan tertinggi.


Ada juga aplikasi customer relationship management, yang bisa ditempatkan di formulir kontak, yang nantinya bisa dipakai untuk mendapatkan alamat email calon konsumen. Jika sudah mendapatkan email, anda bisa mengirimkan Newsletter/ Push notifikasi.


Kumpulkan Data Konsumen


Sebelum mengumpul data pelanggan, ada baiknya untuk membicarakannya hal ini pada mereka. Anda bisa mengatakan langkah ini dilakukan agar perusahaan bisa lebih mengerti tentang keinginan mereka.  Jelaskan juga apa saja data yang ingin dikumpulkan, dan bagaimana mekanisme data tersebut diolah. Pelanggan perlu mendapatkan rasa aman, karena mereka akan memberitahu data yang mungkin bersifat pribadi.


Data yang anda dapatkan dari pelanggan, bisa dimanfaatkan untuk melakukan Personalized Marketing. Misalnya memunculkan iklan barang tertentu, yang sebelum sering dicari pelanggan.


Lakukan Segmentasi Konsumen


Masih berkaitan dengan langkah sebelumnya, data konsumen yang sudah diterima bisa digunakan sebagai acuan melakukan segmentasi pasar. Misalnya melihat daftar transaksi produk terlaris, anda bisa mengiklankannya produk tersebut pada pelanggan yang mungkin membutuhkannya. Untuk mendapatkan informasi mengenai tingkat kebutuhan pelanggan, anda bisa melihat dari data pribadi yang didapat.


Cara lainnya adalah menerapkan metode sales tunnel. Ini merupakan cara promosi yang disesuaikan dengan tingkatan konsumen anda. Misalnya konsumen baru, jangan langsung memberondong kontaknya dengan iklan produk, lebih baik ucapan kata selamat datang dan berikan edukasi mengenai produk yang ingin ia beli.


Tentukan Media Personalized Marketing


Personalized marketing kebanyakan dilakukan dengan media digital seperti media sosial, hingga iklan di mesin pencari ( google ads, Bing ads) dan lain-lain. Mungkin anda masih bingung memilih saluran yang mana. Untuk menentukannya anda bisa melihat data platform apa yang sering dipakai konsumen anda. Untuk mendapatkan data tersebut diperlukan namanya tools analitik.


Nantinya setelah mendapatkan data tersebut anda bisa memilih menggunakan platform yang paling banyak konsumen akses, ini jelas akan meningkatkan traffic hingga penjualan produk.





Posting Komentar untuk "Marketing 101: Strategi Personalized Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan"