Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan

Daftar Isi [Tampil]

 

Langkah Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan

Langkah Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan - Kita hidup di dunia di mana hal-hal buruk dapat terjadi di tempat kerja kapan saja. Bahkan tindak kejahatan pun juga bisa terjadi di tempat kerja.

Setakut dan sekesal apa pun kita terhadap tindakan pelaku, kenyataannya adalah bahwa hal seperti ini sudah menjadi biasa. Selain aksi teror, keamanan tim Anda dapat terganggu akibat bencana alam dan kejadian tak terduga lainnya.

Namun sedikit orang yang akan berpikir itu benar-benar akan terjadi pada mereka. Sebagai seorang pemimpin, Anda bertanggung jawab tidak hanya untuk keamanan Anda sendiri, tetapi untuk keamanan dan keselamatan orang yang Anda pimpin. Untuk membantu Anda memimpin dengan memberi keamanan yang baik di tempat kerja, berikut tujuh poin yang patut diperhatikan dalam menjaga keselamatan kerja karyawan:

1. Menerima Realita

Hal itu bisa terjadi di tempat kerja Anda. Pelaku bisa seseorang yang Anda kenal atau orang asing. Hidup dalam penyangkalan adalah strategi yang buruk. Wawancara pasca – tragedi sering membuktikan: “Saya tidak pernah bisa membayangkan itu terjadi di sini,” akan sering anda dengar.

2. Sadarlah, lalu ajarkan orang untuk sadar

Penjahat menggunakan berbagai cara yang tidak terduga. Waspadailah perilaku yang tidak biasa atau yang mencurigakan, sehingga Anda dapat memperhatikan keganjilannya. Jangan takut untuk bertanya atau melaporkan, dan pastikan Anda bukanlah orang yang penakut. Bersikaplah sopan namun tegas untuk menantang siapa pun yang bersikap mencurigakan.

3. Dengarkan saran dari para ahli

Aparat penegak hukum biasanya bersedia untuk memberikan saran dan bahkan kursus, untuk perusahaan swasta agar dapat mengajarkan dan memberikan keamanan. Carilah seorang ahli yang terpercaya dalam bidang  keselamatan kerja. Bersikap intuitif tidak selalu aman dan efektif, tetapi ahli akan tahu apa yang terbaik.

4. Mengembangkan rencana

Pastikan setiap karyawan memahami apa yang harus dilakukan ketika dalam situasi darurat atau bencana, baik teror atau bencana alam. Berbagai rencana tindakan harus dimasukkan dalam kebijakan dan prosedur manual. Lebih baik lagi untuk mengkonsultasikan rencana ini dengan konsultan hukum Anda

5. Lakukan simulasi

Percuma jika memiliki rencana tetapi tidak dapat menerapkan. Setiap triwulan atau setidaknya setiap enam bulan, ingatkan karyawan Anda melakukan simulasi sehingga orang tahu apa yang harus dilakukan dan ke mana harus pergi dalam keadaan darurat tertentu.

6. Cari pemimpin dalam tim Anda

Orang-orang ini dapat berfungsi sebagai kapten untuk membantu koordinasi dan mengambil tanggung jawab tambahan dalam kasus darurat. Buatlah tim yang mendukung keselamatan di lingkungan kerja.

7. Pertimbangkan untuk memberikan kursus bela diri kepada seluruh karyawan

Karyawan tidak hanya cukup untuk diberikan penghargaan, tetapi keselamatannya juga perlu diproteksi.

Tindakan keselamatan sering kali dilakukan ketika sudah terjadi kejadian yang tidak menyenangkan. Anda harus mengendalikannya, jangan menunda melakukan apa yang perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan Anda dan tim Anda. Itulah beberapa langkah menjaga keselamatan kerja karyawan yang bisa dilakukan oleh setiap pemimpin perusahaan. Semoga bermanfaat (bisnisan.id)

Posting Komentar untuk "Langkah Menjaga Keselamatan Kerja Karyawan"