Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Fungsi Utama Company Profil Dalam Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

 3 Fungsi Utama Company Profil Dalam Bisnis




Apa itu company profil ? Ini adalah sebuah cara untuk memberitahukan gambaran umum dari sebuah perusahaan kepada masyarakat, baik dari segi visi misi hingga produk yang dijual. Company profil cara kerjanya hampir sama dengan CV, bedanya CV dibuat oleh calon pekerja sementara Company Profil dibuat oleh perusahaan. 


Ketika sebuah perusahaan Membuat Company Profil diharapkan bisa disambut baik oleh audiens dan selanjutnya perusahaan bisa lebih intens menawarkan produknya.


Untuk lebih detail mengenai fungsi utama Company Profil silahkan simak artikel berikut ini:


Mendeskripsikan Gambaran Umum perusahaan


Fungsi utama dari Company Profil adalah mendeskripsikan secara umum citra perusahaan. " Tak kenal maka tak sayang" istilah ini juga berlaku dalam sebuah bisnis. Agar bisa laku perusahaan harus memperkenalkan dirinya. Mulai dari memperkenalkan nama, latar belakang, visi misi, alamat dan deskripsi produk yang dijual. Poin-poin tersebut seyogyanya ada dalam company profil.


Company profil dalam sebuah instansi bisa diibaratkan sebagai resepsionis yang bertugas menemui tamu dan menyajikan informasi mengenai instansi tempatnya bekerja kepada tamu tersebut.


Ketika sudah saling mengetahui, diharapkan audience itu mau untuk membeli/memakai jasa dari perusahaan.


Media Promosi dan Publikasi


Fungsi tak langsung dari company profil adalah sebagai media informasi dan publikasi yang biasanya terletak dalam halaman informasi produk. Sebuah perusahaan perlu membuat halaman tersebut agar produknya bisa dilihat konsumen. Konsumen bisa membaca, menganalisa dan membandingkan produk. Ketika mereka tertarik, ini menjadi langkah maju terjadinya proses transaksi pembelian.


Selain jadi media promosi, dampak positif adanya company profil adalah media publikasi, seperti mempublikasikan pencapaian perusahaan. Ini tentu akan meningkatkan reputasi. 


Menguatkan Branding Perusahaan


Fungsi ketiga company profil adalah menguatkan Usaha Branding perusahaan. Alasannya simpel karena company profil bisa dengan gamblang menjelaskan kelebihan yang dimiliki perusahaan. Bisa karena kualitas produk yang bagus atau dari sisi Pelayanan yang memuaskan. Branding yang kuat akan memunculkan " Unique Point' yang akan jadi pembeda antara perusahaannya dengan kompetitor.

 


Perusahaan tak perlu takut menghadapi persaingan pasar bila Branding-nya sudah diterima. Produk yang dihasilkan akan memiliki konsumen setia dan susah dibujuk untuk mencoba produk lain.


Berdasarkan poin di atas bisa disimpulkan perusahaan perlu untuk membuat company profil.




Posting Komentar untuk "3 Fungsi Utama Company Profil Dalam Bisnis"