Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jaga Keuangan Saat Work From Office

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Jaga Keuangan Saat Work From Office




Seperti sih cara mengatur keuangan saat pekerja kembali menjalani rutinitasnya dikantor ? Setelah 2 tahun terakhir harus bekerja dari rumah, kini aktivitas pekerjaan kembali seperti biasa tentunya ini memerlukan adaptasi.


WFO membuat pengeluaran menjadi menambah seperti alat transportasi, uang makan dan masih banyak lagi, lalu seperti Apa cara mengelola keuangan dalam situasi ini, berikut ini adalah tipsnya:


Kenali Latte Effect


Late Effect digambarkan seperti kebiasaan minum kopi setiap hari, yang awalnya pengeluaran biaya sedikit lama-lama jadi besar. Efek ini juga menggambarkan realitas pengeluaran karyawan yang terkadang boros untuk hal sepele. Apalagi saat aktivitas kerja sudah dilakukann dikantor.


Hal tersebut perlu diperhatikan, terutama untuk pekerja yang memiliki goals finansial tertentu. Misalnya ingin membangun rumah, merintis usaha sampingan atau berangkat haji bersama orang tua. Penting untuk disiplin dalam hal pengeluaran.


Menyiapkan Dana Darurat


Pekerja perlu menyiasati pengeluaran tak terduga dengan menyiapkan dana darurat. Karena yang namanya sakit, bencana, masalah keluarga tidak bisa ditentukan waktunya. Jadi jangan habiskan gaji yang didapat, melainkan sebagian sisihkan sebagai dana darurat.


Alokasikan dana darurat 10 - 15 % dari gaji yang didapat dalam per-bulannya. Misalnya gaji 5.000.000, maka yang perlu dialokasikan adalah 500.000. untuk menyimpan uang tersebut bisa dibank, selain aman juga mengurangi keinginan untuk mengeluarkan uang.


Siapakan Pos-pos Keuangan


Pengeluaran ketika kerja dirumah dengan kerja dikantor pasti berbeda dan memang perlu penyesuaiannya. Ketika kerja dirumah anda tak perlu mengeluarkan ongkos transportasi dan uang makan, namun ketika bekerja di kantor biaya itu mulai muncul. Pekerja harus menyiapkan pos-pos keuangannya dengan menyusun skala prioritas.


Karena bekerja di kantor bisa saja super sibuk, tidak ada salahnya untuk menyisihkan uang untuk melepas penat. Seperti berkumpul bersama keluarga atau berpiknik.


Jangan Turuti Gaya Hidup Konsumsi


Jangan sekali terkecoh dengan postingan orang yang terlihat kaya, mereka biasanya memamerkan barang branded, mobil mewah dan segala macamnya untuk keperluan flexing. Untuk anda seorang pekerja jangan ikut-ikutan melakukan hal tersebut. Hindari pengeluaran yang bersifat konsumtif. Bisa dimulai dengan menu makan, akan lebih murah bila memakai bekal dari rumah daripada jajan di kafe.  Selain lebih ekonomi juga lebih aman terhindar dari resiko penyebaran virus Corona.




Posting Komentar untuk "Tips Jaga Keuangan Saat Work From Office"