Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe-tipe Investor Yang Bisa Diincar Pemilik Start Up

Daftar Isi [Tampil]

 Tipe-tipe Investor Yang Bisa Diincar Pemilik Start Up




Investor adalah pihak yang penting dalam perintisan sebuah usaha, mereka bisa menjadi penyumbang modal untuk menggerakkan perusahaan. Apalagi bila yang dirintis adalah sebuah start up, tentunya uang yang diperlukan untuk membangunnya cukup besar.


Mencari Investor untuk Start Up memang gampang-gampang susah, apalagi dimasa krisis ekonomi sekarang ini tentu para pemodal lebih selektif untuk mengucurkan danannya.


Dalam artikel ini kami akan membahas tipe-tipe investor yang bisa diincar start up:


Angel Investor


Ini merupakan jenis Investor paling menguntungkan karena memiliki kekayaan yang berlimpah. Angel investor bisa berupa individu hingga perusahaan investasi, mereka juga sering menginvestasikan uangnya pada perusahaan lain.


Namun untuk mencari Angel investor memang tidak mudah. Kita perlu mencari relasi, membangun hubungan baik dan meyakinkan jenis Investor ini. Akan lebih bagus bila mereka juga memiliki minat yang sama dengan start up yang sedang dikembangkan.


Inkubator


Inkubator/Akselerator adalah sebuah program yang mewadahi terciptanya bisnis start up. Bergabung dalam bidang ini manfaatnya sangat luas. Yang pasti berpeluang mendapatkan suntikan modal, selanjutnya juga akan mendapatkan mentoring dari ahli entrepreneur berkompeten. Dengan demikian diharapkan start up akan lebih cepat berkembang sesuai planning.


Perbedaan antara inkubator dan akselerator terletak jangka waktunya, inkubator dilaksanakan 6 bulan sementara akselerator 3 bulan.


Bootsrap


Strategi investasi ini dilakukan dengan menggelontorkan uang dari pihak internal start up seperti dari CEO/Ownernya sendiri. Dengan memakai langkah ini tentu lebih fleksibel bila dibandingkan mengandalkan pihak luar. Modal bisa langsung digunakan untuk membeli peralatan, Membayar Karyawan hingga keperluan Promosi.


Private Equity


Private Equity adalah jenis Investor yang berasal dari perusahaan swasta, proses pencarian dana dilakukan secara langsung tanpa ada syarat-syarat tertentu. Pendanaan dengan model private Equity dilakukan dalam jangka panjang. Karena perusahaan Investor akan ikut serta memantau kinerja usaha dari start up.


Investor Private Equity bisa membelikan sumber teknologi baru, menambah modal start up hingga memutuskan membeli start up itu sendiri.


Venture Capital


Venture Capital merupakan Investor perusahaan yang memang kerjanya mencari perusahaan rintisan potensial. Ketika sudah ketemu mereka akan mengucurkan modal dalam jumlah besar. Start up seringkali mengincar tipe investor ini karena bisa meningkatkan nilai valuasi dalam waktu singkat. Jangka pemodalan venture Capital juga berlangsung dalam jangka panjang.






Posting Komentar untuk "Tipe-tipe Investor Yang Bisa Diincar Pemilik Start Up"