Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Fungsi Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

 Ragam Fungsi Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis




Perusahaan tentu perlu membangun visi, misi, dan planning terarah agar tujuannya tercapai. Untuk itulah diperlukan bagian manajemen untuk mengurusi keseluruhan aspek dari perusahaan.


Bagian manajemen sendiri masih terbagi dalam beberapa sektor, namun pada artikel ini kami akan membahas tentang pentingnya manajemen pemasaran.


Penasaran ? Simaklah ulasan berikut ini:


Analisis Pasar


Fungsi pertama dari manajemen pemasaran adalah menganalisa pasar. Sebuah perusahaan yang ingin menciptakan produk laris tentunya harus mengenali siapa target market mereka. Manajemen pemasaran memiliki kompetensi ini, mereka bisa mengenali target pasar dan tahu cara pengelolaannya.


Analisa pasar juga memiliki manfaat untuk mengetahui cara memperluas pasar dan mengetahui tantangan apa yang bisa terjadi. Misalnya dari segi persaingan kompetitor yang sengit.


Segmentasi Pasar


Langkah fundamental lainnya yang bisa dilakukan manajemen pemasaran adalah memetakan segmentasi pasar. Bagaimana cara perusahaan mengenali siapa basis pelanggannya akan menentukan kebijakan penjualan secara keseluruhan. Hal-hal kecil dan detail adalah sesuatu yang patut diperhatikan perusahaan, agar bisa membuat produk yang sesuai keinginan pasar. Keuntungan akan mengalir apabila strategi segmentasi pasar dilakukan secara tepat.


Segmentasi pasar tentu juga akan menghemat pengeluaran perusahaan, karena pemakaian sumber daya dilakukan secara efektif.


Menetapkan Target Pasar


Setelah menyelesaikan tahapan analisa pasar dan segmentasi pasar, manajemen pemasaran juga berperan untuk menetapkan target pasar. Dalam tahapan ini perusahaan sudah tahu produk mana yang akan dilepas dipasaran, tentunya disesuaikan dengan target pasar yang mereka incar.


Aspek penetapan target pasar dipertimbangkan dari beberapa faktor seperti gender, umur, demografi daerah, jenis pekerjaan dan lain sebagainya.


Penempatan Pasar


Peran vital manajemen pemasaran keempat adalah penempatan pasar. Seberapa tingkat persaingan dari kompetitor pada segmentasi konsumen tebl tentunya harus dijadikan pertimbangan. Apalagi untuk bisnis yang baru terbangun, tentunya manajemen pemasaran harus bisa memilih penempatan pasar yang sesuai dengan klasifikasi perusahaan.


Perencanaan Pemasaran


Fungsi yang tak kalah penting dari manajemen pemasaran adalah perencanaan pemasaran yang berkaitan tentang bagaimana proses pemasaran dilakukan. Tahapan-tahapan ada banyak seperti:


Mengetahui Visi Misi perusahaan, memahami aspek keseluruhan perusahaan mulai dari unit bisnis, analisa dan evaluasi. Yang terakhir adalah kemampuan analisa peluang bisnis baru yang bisa dijalankan perusahaan sebagai plan B.




Posting Komentar untuk "Ragam Fungsi Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis"